DETAIL KOLEKSI

Peningkatan usability aplikasi e-wallet doku menggunakan metode Usability Testing dan Use Questionnaire

2.0


Oleh : Amin Anugerah Simatupang

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Nora Azmi

Pembimbing 2 : Nova Azmi

Subyek : Doku e-wallet;Use questionnaire methods;Usability testing

Kata Kunci : usability, usability testing, USE questionnaire, DOKU application

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA-STI_063001600151_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STI_063001600151_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_STI_063001600151_Bab-1_Pendahuluan.pdf 9
4. 2020_TA_STI_063001600151_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STI_063001600151_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STI_063001600151_Bab-4_Analisa-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STI_063001600151_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STI_063001600151_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STI_063001600151_Lampiran.pdf

E -wallet Doku merupakan penyedia layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko pertama di Indonesia. Aplikasi Doku dapat melakukan jual, bayar, beli, kirim dan pinjam. Dari hasil penelitian pendahuluan terhadap 6 responden, pengguna merasa simbol-simbol yang digunakan pada aplikasi membingungkan, gambar kurang jelas, terdapat menu berulang, warna pada aplikasi kurang menarik dan monton, memiliki menu dengan tulisan yang kecil dan kurang jelas. Berdasarkan masalah yang dialami pengguna aplikasi e-wallet Doku tidak memenuhi aspek ease of use yaitu kemudahan pengguna dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat usability serta memberikan usulan perbaikan terhadap aplikasi. Pengukuran usability dilakukan dengan metode usability testing menggunakan 30 responden pengguna yang mewakili pengguna aktif dan pengguna pasif. Penelitian ini menggunakan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Hasil pengukuran aplikasi saat ini menunjukkan kedua kelompok pengguna melakukan banyak kesalahan dan menghabiskan waktu rata rata 2 menit 14 detik untuk menyelesaikan tes tugas yang diberikan. Aplikasi memiliki nilai dibawah netral dari keempat aspek yang tersedia pada USE Questionnaire. Usulan perbaikan yang diberikan berupa perubahan desain pada interface aplikasi yang diwujudkan dalam bentuk prototype desain. Perbaikan dirancang dengan memperhatikan penyebab masalah dan dengan memperhatikan standar desain aplikasi. Hasil uji rancangan yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan usability dimana kedua kelompok pengguna tidak melakukan kesalahan pada saat melakukan tes tugas, dan waktu rata rata yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tes tugas yang diberikan berkurang dari 2 menit 14 detik menjadi 1 menit 14 detik. Aspek usefullness dan ease of learning juga meningkat kategorinya menjadi lebih baik.

D oku e-wallet is the first electronic payment and risk management service provider in Indonesia. The Doku application can sell, pay, buy, send and borrow. From the results of a preliminary study of 6 respondents, users felt the symbols used in the application were confusing, the images were unclear, there were repetitive menus, the colors in the application were less attractive and monton, had menus with small and unclear writing. Based on the problems experienced by users of the Doku e-wallet application it does not meet the aspects of ease of use namely user convenience and user satisfaction. This study aims to increase the level of usability and provide suggestions for improvements to the application. Usability measurement is done by the usability testing method using 30 user respondents who represent active users and passive users. This study uses a USE questionnaire that includes four parameters namely usefulness, ease of use, ease of learning and satisfaction. Current application measurement results show that both groups of users make a lot of mistakes and spend an average of 2 minutes 14 seconds to complete a given assignment test. Applications have values below neutral from all four aspects available on the USE Questionnaire. Proposed improvements given in the form of design changes to the application interface are realized in the form of design prototypes. Repairs are designed by paying attention to the cause of the problem and by paying attention to application design standards. The design test results obtained indicate an increase in usability where both groups of users did not make mistakes when doing the test assignment, and the average time needed to complete the given task test was reduced from 2 minutes 14 seconds to 1 minute 14 seconds. The aspects of usefulness and ease of learning also improve their categories.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?