Usulan peningkatan usability website malino furniture menggunakan metode usability testing dan heuristic evaluation
M alino Furniture merupakan toko yang menjual perkakas rumah. Malino Furniturememiliki website untuk meningkatkan dan mempertahankan kepuasan pembelidengan mempermudah pembeli melihat dan membeli produk secara online. Dari hasilpenelitian pendahuluan, pengguna merasakan kesulitan mencari produk karena tampilanwebsite membingungkan. Berdasarkan masalah yang dialami pengguna, website MalinoFurniture tidak memenuhi aspek ease of use yaitu kemudahan penggunaan dan aspeksatisfaction yaitu kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkatusability website serta mengusulkan perbaikan. Metode yang digunakan pada penelitianadalah Usability Testing untuk melihat pendapat pengguna dengan menggunakan 15responden pengguna yang mewakili pengguna aktif, pengguna terampil dan penggunaawam. Metode Heurstic Evaluation untuk melihat pendapat evaluator denganmenggunakan 3 evaluator yang memahami user interface. Hasil pengukuran website saatini menunjukkan ketiga kelompok pengguna melakukan banyak kesalahan danmenghabiskan waktu rata-rata 3,2 menit untuk mencari satu produk. Website memiliki nilaidibawah nilai netral pada aspek usefulness, ease of use,dan satisfaction. Hasil pengukuranHeuristic Evaluation menunjukkan 6 prinsip memiliki tingkat masalah mayor dan usabilitycatastrhope. Usulan perbaikan yang diberikan berupa prototype website dengan mengubahinterface website. Perbaikan dirancang berdasarkan penyebab masalah denganmemperhatikan standar desain website. Hasil perbaikan mengalami peningkatan usabilitydimana ketiga kelompok pengguna tidak melakukan kesalahan dan hanya menghabiskanwaktu rata-rata 17 detik untuk mencari satu produk. Aspek usefulness, ease of use, dansatisfaction meningkat menjadi kategori setuju. Hasil Heuristic Evaluation menunjukkan8 prinsip meningkat menjadi don’t agree dan 2 prinsip menjadi cosmetic.
M alino Furniture is a shop that sells home utensils. Malino Furniturehave a website to improve and maintain buyer satisfactionby making it easier for buyers to view and buy products online. From resultpreliminary research, users find it difficult to find the product because of the appearanceconfusing website. Based on the problems experienced by users, the Malino websiteFurniture does not meet the ease of use aspect, namely ease of use and aspectssatisfaction, namely user satisfaction. This study aims to increase the level ofusability of the website and propose improvements. The method used in the researchis Usability Testing to see user opinions using 15user respondents representing active users, skilled users and userslay. Heurstic Evaluation method to see the opinion of the evaluator withusing 3 evaluators who understand the user interface. Current website measurement resultsit shows all three groups of users doing a lot of mistakes andspent an average of 3.2 minutes searching for a single product. Website has valuebelow the neutral value on the aspects of usefulness, ease of use, and satisfaction. Measurement resultsHeuristic Evaluation shows that 6 principles have a major problem level and usabilitycatastrophe. The proposed improvement is in the form of a website prototype by changing theweb interfaces. Fixes are designed based on the cause of the problem withPay attention to website design standards. Repair results have increased usabilitywhere the three groups of users do nothing wrong and just spend17 seconds on average to search for a single product. Aspects of usefulness, ease of use, andsatisfaction increased to agree category. The results of the Heuristic Evaluation show8 principles increase to don't agree and 2 principles to become cosmetic.