Usulan peningkatan usability mesin i-kios indomaret menggunakan metode usability testing
M esin i-Kios merupakan suatu inovasi baru yang diciptakan oleh Indomaret untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian pulsa, pemesanan tiket kereta api, pembayaran belanja online, dan masih banyak lagi. Pada penelitian pendahuluan, didapatkan adanya beberapa keluhan terhadap mesin i-Kios, keluhan tersebut antara lain adanya pengguna yang merasa bingung saat sedang menggunakan mesin i-Kios karena tampilan pada mesin i-Kios yang tidak informatif. Setelah ditemukan adanya permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap mesin i-Kios. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability dan merancang usulan perbaikan pada mesin i-Kios dengan menggunakan metode usability testing. Terdapat 3 parameter yang dinilai dalam mengukur usability, yaitu: (1)efektivitas, kriteria ini diukur berdasarkan jumlah kesalahan yang terjadi saat pengguna menggunakan mesin i-Kios, (2)efisiensi, kriteria ini diukur berdasarkan waktu pengerjaan task, (3)kepuasan pengguna, kriteria ini dilakukan dengan melihat hasil dari pengukuran parameter satisfaction kuesioner USE. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan adanya usability problems pada mesin i-Kios. Selanjutnya akan dilakukan rancangan usulan perbaikan, yang akan diterapkan dalam bentuk prototipe. Kemudian dilakukan pengukuran usability kembali terhadap responden yang sama. Hasil pengukuran usability mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 2.89 menjadi 5.85 untuk parameter usefullness, nilai rata-rata 2.91 menjadi 6 untuk parameter ease of use, nilai rata-rata 2.98 menjadi 6.23 untuk parameter ease of learning, dan nilai rata-rata 3.01 menjadi 5.29 untuk parameter satisfaction.
T he i-Kios machine is a new innovation created by Indomaret to make it easier for consumers to make credit purchase transactions, train ticket reservations, online shopping payments, and much more. In the preliminary research, it was found that there were several complaints about the i-Kios machine, such complaints include the existence of users who were confused when using the i-Kios machine because the display on the i- Kios machine was not informative. After finding these problems, it is necessary to repair the i-Kios machine. This study aims to measure the level of usability and design suggestions for improvement on i-Kios machines using the usability testing method. There are 3 parameters assessed in measuring usability, namely: (1) effectiveness, this criterion is measured based on the number of errors that occur when the user uses the i- Kios machine, (2) efficiency, this criterion is measured based on the time the task is done, (3) user satisfaction , this criterion is performed by looking at the results of the USE questionnaire satisfaction measurement parameters. Based on observations found usability problems in i-Kios machines. Then the proposed improvement plan will be carried out, which will be applied in prototype form. Then the usability measure is taken again on the same respondent. The results of usability measurements have increased, with an average value of 2.89 to 5.85 for usefullness parameters, an average value of 2.91 to 6 for the ease of use parameter, an average value of 2.98 to 6.23 for the ease of learning parameter, and an average value of 3.01 to 5.29 for parameter satisfaction.