Perancangan geometri jalan alternatif di Kecamatan Panguyangan Kabupaten Brebes
S eiring dengan lajunya Pembangunan Nasional, kota Brebes telah mengalamidampak dari laju pembangunan dalam bidang transportsi yaitu dengan besarnyavolume lalu lintas yang menuju dan meninggalkan wilayah Kabupaten Brebessebagai lalu lintas antar kota. Kondisi saat ini sering terjadi kemacetan pada ruasjalan (Bumiayu – Negaradaha – Kretek- Wanatirta – Winduaji – Pekuncen). Makadari itu perencanaan jalan alternatif perlu di lakukan sebagai salah satu solusimengatasi permasalahan tersebut. Perancangan geometri jalan merupakan bagiandari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada perancangan bentuk fisik,sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu memberikan pelayanan yangoptimum pada arus lalu lintas. Perancangan geometrik jalan diawali denganmenentukan trase baru kemudian melakukan identifikasi klasifikasi jalan rencanapada trase tersebut sehingga dapat menentukan kecepatan rencana jalan. Kecepatanrencana diperlukan untuk pembuatan tikungan (alinyemen horizontal), alinyemenvertikal, dan outputnya adalah hasil perhitungan, gambar desain, serta volumegalian dan timbunan yang di perlukan. Panjang total jalan rencana adalah 3,368 kmdan klasifikasi medan yang ada pada jalan rencana merupakan daerah yang datar.Banyaknya tikungan pada perancangan kali ini adalah 6 buah dimana jenis tikungandalam perancangan ini adalah Full Circle dan Spiral – Circle – Spiral. Volumegalian timbunan pada perancangan ini bervariasi dilihat berdasarkan alinyemenvertical yang ada (Profil memanjang).
A long with the speed of National Development, the city of Brebes has experiencedThe impact of the rate of development in the field of transport is by magnitudeThe volume of traffic leading to and leaving the Brebes region As inter-city traffic. Current conditions often occur congestion on the segment Road (Bumiayu - Negaradaha - Kretek- Wanatirta - Winduaji - Pekuncen). Then From that alternative road planning needs to be done as one solution Overcome the problem. The design of road geometry is a part From the planning of the road focused on the design of physical form,So as to fulfill the basic function of the road of providing that service Optimum on traffic flow. Road geometric design begins with Determine the new trace then identify path classification plan On the trace so as to determine the speed of the road plan. SpeedPlans are required for the manufacture of bends (horizontal alignment), alignmentVertical, and its output is the result of calculation, design drawing, and volumeExcavation and embankment in need. The total length of the plan road is 3,368 kmAnd the classification of existing terrain on the plan road is a flat area. The number of bends in the design this time is 6 pieces where the type of bend In this design is Full Circle and Spiral - Circle - Spiral. Volume The excavation of embankments in this design varies by alignment Existing vertical (Profile extends).