Perancangan model dan pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard pada PT. Sandy Jaya Utama
D Di era globalisasi saat ini, banyak perusahaan menggunakan pengukuran kinerja perusahaan hanya melihat dari aspek finansial saja, sedangkan untuk aspek non finansial tidak diperhatikan. Hal ini cenderung membuat pengukuran kinerja perusahaan dilihat hanya untuk jangka pendek saja tidak memikirkan untuk tujuan jangka panjangnya. PT. Sandy Jaya Utama membutuhkan sistem pengukuran kinerja yang menggambarkan aspek secara menyeluruh kondisi perusahaan berdasarkan aspek finansial, pelanggan, bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan sesuai visi dan misi perusahaan dengan membuat perancangan model pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balance Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk Merancang model pengukuran kinerja PT. Sandy Jaya Utama. Penelitian ini diawali dengan tahap menerjemahkan visi,misi, tujuan dan strategi perusahaan, tahap kedua mengkaji aspek internal (Value Chain) dan aspek eksternal (Porter’s Five Force Analysis). Tahap ketiga masukan usulan tujuan strategis kedalam 4 perspektif Balance Scorecard. Tahap keempat adalah penentuan tolok ukur atau KPI (Key Incdicators Performance) dan inisiatif strategi berdasarkan tujuan strategis. tahap berikutnya adalah pembuatan Strategy Map yang gunanya untuk mengukur bobot KPI dengan menggunakan metode Pairwaise Comparison. Pada perspektif finansial didapatkan hasil 4.56, perspektif pelanggan didapatkan hasil 4.43, perspektif proses bisnis internal didapatkan hasil 4,67 dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan didapatkan hasil 3,58. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan secara keseluruhan dengan melihat keempat perspektif menghasilkan score akhir 4,31 hasil tersebut menunjukkan bahwa Kinerja Perusahaan PT. Sandy Jaya Utama pada Tahun 2018 termasuk di dalam kategori “Sangat Baikâ€.
I In the current era of globalization, many companies use measurement of company performance only from the financial aspect, while for the non-financial aspects are not considered. This tends to make the measurement of company performance seen only for the short term and not to think about its long-term goals. PT. Sandy Jaya Utama requires a performance measurement system that describes aspects of the overall condition of the company based on financial aspects, customers, internal business and learning and growth in accordance with the company's vision and mission by making the design of a company's performance measurement model using the Balance Scorecard method. This study aims to design a performance measurement model of PT. Sandy Jaya Utama. The research begins with the stage of translating the company's vision, mission, goals and strategies, the second stage examines the internal aspects (Value Chain) and external aspects (Porter's Five Force Analysis). The third stage inputs the proposed strategic objectives into 4 Balance Scorecard perspectives. The fourth stage is the determination of benchmarks or KPIs (Key Incdicators Performance) and strategic initiatives based on strategic objectives. the next step is the creation of a Strategy Map that is used to measure the weight of the KPI by using the Pairwaise Comparison method. From the financial perspective 4.54 results are obtained, the customer perspective is 4.43 results, the internal business process perspective is 4.67 and the learning and growth perspective is 3.58. Based on the results of performance measurements that have been carried out as a whole by looking at the four perspectives produce a final score of 4.31 the results indicate that the Performance of the Company PT. Sandy Jaya Utama in 2018 is included in the "Very Good" category.