DETAIL KOLEKSI

Usulan penurunan dan penyelarasan strategi perusahaan ke divisi pemasaran dengan menggunakan metode cascading balanced scorecard pada PT. Kuansing Inti Makmur

0.0


Oleh : Sebastian Setiabudi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Subyek : Coal mines and coal mining;Company strategy;Production – Process

Kata Kunci : strategi perusahaan, cascading balanced scorecard, PT. Kuansing Inti Makmur

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_TI_06305018_1_Halaman-Judul.pdf
2. 2011_TA_TI_06305018_2_Bab-1.pdf
3. 2011_TA_TI_06305018_3_Bab-2.pdf
4. 2011_TA_TI_06305018_4_Bab-3.pdf
5. 2011_TA_TI_06305018_5_Bab-4.pdf
6. 2011_TA_TI_06305018_6_Bab-5.pdf
7. 2011_TA_TI_06305018_7_Bab-6.pdf
8. 2011_TA_TI_06305018_8_Bab-7.pdf
9. 2011_TA_TI_06305018_9_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2011_TA_TI_06305018_10_Lampiran.pdf

P PT. Kiiansing Inti Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bars. Perusahaan harus mempunyai strategi yang mencerminkan cam mewujudkan visi dan menjalankan misinya. Namun visi, misi dan strategi perusahaan harus didukung oleh visi, misi dan strategi divisi. Perusahaan membutuhkan proses penurunan dan penyelarasan strategi dari tingkat perusahaan hingga ke divisi. Salah satunya dengan menggunakan proses cascading balanced scorecard. Tujuan penelitian adalah menganalisa peta strategi perusahaan dan melakukan proses cascading balanced scorecard untuk menurunkan dan menyelaraskan peta strategi perusahaan ke dalam peta strategi divisi pemasaran. Awal penelitian melakukan pemeriksaan terhadap peta strategi perusahaan, terdapat sepuluh tujuan strategis dalam empat perspektif. Setelah itu langkah pertama adalah menganalisis visi dan misi dari divisi yaitu memenuhi target penjualan dari perusahaan dan memasarkan produk dengan sebaik mungkin. Langkah kedua yaitu mengidentifikasi sasaran-sasaran strategis dari peta strategi perusahaan yang dapat diturunkan ke divisi pemasaran. Ada enam sasaran strategis perusahaan yang diturunkan ke peta strategi divisi pemasaran . Langkah ketiga mengidentifikasi pelanggan dari divisi pemasaran meliputi pelanggan ekstemal yaitu konsumen dan internal adalah pemegang saham, direktur divisi keuangan. Untuk langkah keempat mengidentifikasi tugas pokok dan output ingin dicapai divisi pemasaran. Langkah kelima yaitu mengidentifikasi harapan dari pelanggan baik eksternal maupun internal divisi pemasaran. Langkah keenam adalah menurunkan sasaran strategis perusahaan ke sasaran strategis peta strategi divisi, selanjutnya langkah ketujuh yaitu melengkapi sasaran strategis pada perspektif lainnya. Kemudian langkah kedelapan melakukan proses identifikasi garis hubungan sebab akibat dari sasaran strategis peta strategi divisi. Untuk langkah kesembilan memilih Key Performance Indicator (KPI) untuk setiap sasaran strategis divisi. Pada langkah kesepuluh adalah menentukan target dan inisiatif strategi untuk setiap KPI. Berdasarkan proses cascading balanced scorecard yang dilakukan, terdapat enam sasaran strategis dari peta strategi perusahaan yang diturunkan ke peta strategi divisi pemasaran. Keenam sasaran strategis tersebut adalah meningkatkan penjualan pada perspektif keuangan, memelihara dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan serta kepuasaan dan kepercayaan pelanggan pada perspektif pelanggan, dan produktifitas karyawan, meningkatkan kemampuan dan kredibilitas karyawan dan meningkatkan motivasi kerja karyawan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

P PT. Kiiansing Inti Makmur is a company engaged in the mining and trading of stone bars. The company must have a strategy that reflects the realization of the vision and perform its mission. But the company's vision, mission and strategy must be supported by the division's vision, mission and strategy. Companies need a process of reducing and aligning strategies from company level to division. One of them by using cascading balanced scorecard process. The purpose of the research is to analyze the company's strategy map and perform the cascading balanced scorecard process to reduce and align the company's strategic map into the marketing division's strategy map. Initial research conducted an examination of the company's strategic map, there are ten strategic objectives in four perspectives. After that the first step is to analyze the vision and mission of the division that is to meet the sales target of the company and market the product as well as possible. The second step is to identify strategic goals from the company's strategic map that can be downgraded to the marketing division. There are six corporate strategic targets that are downgraded to the marketing division's strategy map. The third step identifies customers from the marketing division including external customers ie consumers and internal are shareholders, director of the finance division. For the fourth step identify the main task and output want to achieve marketing division. The fifth step is to identify the expectations of customers both external and internal marketing division. The sixth step is to lower the company's strategic objectives to the strategic targets of the division's strategic map, then the seventh step of completing the strategic objectives from another perspective. Then the eighth step of the process of identifying the causal link of the strategic targets division strategic map. For the ninth step choose the Key Performance Indicator (KPI) for each divisional strategic goal. In the tenth step is to set targets and strategic initiatives for each KPI. Based on the cascading balanced scorecard process undertaken, there are six strategic targets of the corporate strategy map that are derived to the marketing division's strategy map. The six strategic objectives are to increase sales in a financial perspective, maintain and develop customer relationships and customer satisfaction and perspectives on customer perspective, and employee productivity, improve employee skills and credibility and enhance employee motivation in learning and growth perspective.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?