DETAIL KOLEKSI

Usulan perbaikan kualitas dengan penerapan metode fuzzy qfd (quality fuction deployment) pada kursi pengemudi daihatsu xenia di PT. Astra Daihatsu Motor


Oleh : Yossi Fadhila

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2007

Pembimbing 1 : Andri Bagio Satrio

Pembimbing 2 : Hidayat Ardiwinata

Subyek : Production control;Quality control;Transportation

Kata Kunci : PT. Astra Daihatsu Motor, production control, quality control, transportation, fuzzy control, daiha

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2007_TA_STI_06303113_Halaman-Judul.pdf 24
2. 2007_TA_STI_06303113_Lembar-Pengesahan.pdf 4
3. 2007_TA_STI_06303113_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2007_TA_STI_06303113_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2007_TA_STI_06303113_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2007_TA_STI_06303113_Bab-4_Pengumpulan-dan-Pengolahan-Data.pdf
7. 2007_TA_STI_06303113_Bab-5_Analisa-Data.pdf
8. 2007_TA_STI_06303113_Bab-6_Kesimpulan-Data.pdf 5
9. 2007_TA_STI_06303113_Daftar-Pustaka.pdf 2
10. 2007_TA_STI_06303113_Lampiran.pdf

P PT. Astra Daihatsu Motor merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kendaraan beroda empat yang berusaha menghasilkan produk berkualitas baik , disukai banyak konsumen dan dapat bersaing dengan produk sejenisnya. Dalam satu mobil itu terdiri dari barang rakitan seperti ban, baut, pintu, dan kursi. Adapun produk yang diteliti untuk dikembangkan adalah kursi bagian pengemudi karena pengemudi yang paling dominan dalam menentukan kenyamanan mobil atau tidak. Akan tetapi, pada saat ini PT Astra Daihatsu Motor belum mampu menghasilkan produk kursi bagian pengemudi yang berkualitas bak dan diminati oleh banyak konsumen. Sedangkan mobil yang diteliti adalah Daihatsu Xenia karena Xenia sudah cukup lama berkembang dan paling digemari dari semua jenis mobil yang dihasilkan oleh Daihatsu .Pengembangan produk kursi bagian pengemudi dilakukan dengan metode Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD) dari segi prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen. Pertama dilakukan pengidentifikasian karakteristik produk kursi bagian pengemudi yang dibutuhkan oleh konsumen , dan penentuan tingkat keunggulan produk tersebut dari pada produk pesaingnya. Kemudian menentukan hubungan antara kebutuhan dengan karakteristik teknis, penentuan nilai target oleh perusahaan dan akhimya dapat memberikan usulan pengembangan produk untuk memenuhi keinginan konsumen secara lebih menyeluruh.Atribut/karakteristik kebutuhan konsumen terhadap produk kursi bagian pengemudi adalah busanya empuk dan tebal , kainnya halus, wamanya menarik, kursi dapat diatur ketinggiannya, kursi dapat diatur maju dan mundur, kursi dapat direclining, safety belt mudah dioperasikan, safety belt dapat diatur ketinggiannya/tali pengikatnya, safety belt ada indikator, safety belt sangat kuat menyangga tubuh bila terjadi kecelakaan, kainnya tidak mudah kotor, kainnya tidak mudah robek, kainnya mudah dibersihkan/dicuci, sandaran kepala dapat diatur ketinggiannya, sandaran punggung nyaman, kainnya tidak panas, ada sandaran untuk lengan, ada kantong di belakang sandaran punggung, corak wama polos, kainnya bercorak two tone (dua jenis), bahan kulit, bentuk kursi sesuai tulang belakang dan ada fasilitas sit heater.Karakteristik teknis dari kursi bagian pengemudi adalah berat headrest, headrest releasekNOB, headrest , dimensi headrest, dimensi tangkai headrest, cara pengaturan headrest, bentuk safety belt, dimensi tali safety belt, cara pengoperasian safety belt, cara pengaturan tali safety belt, massa safety belt, dimensi kotak safety belt, tumpuan safety belt, dimensi socket indikator safety belt, bentuk socket indikator safety belt, cara pengoperasian indikator safety belt, sudut reclining, reclining release lever, cara pengoperasian reclining, berat kursi, dimensi kursi, headpoint kursi, dimensi dudukan kursi, berat dudukan kursi, tinggi dari bagian dudukan kursi ke bawah , tinggi dari ujung sandam punggung ke bagian dudukan kursi , slide release lever, slide front most, slide rear most, cara pengaturan maju /mundur kursi, warna kursi, jenis bahan/kain kursi , corak kain, warna primer kursi, wama sekunder kursi , bentuk sandaran punggung, sudut kemiringan (torso line), dimensi pocket sandaran punggung, ketahanan kursi, kehalusan kain dari kursi, sifat kain terhadap kotor, cara pembersihan kain kursi dan dimensi sandaran lengan. Penentuan prioritas karakteristik teknis dilakukan menggunakan metode pendekatan Fuzzy Quality Function Deployment dengan Triangular Fuzzy Number dan defuzzifikasi dengan metode centroid. Hasil pemeringkatan karakteristik teknis yang paling tinggi adalah jenis -jenis bahan/kain kursi.

P PT. Astra Daihatsu Motor constitutes one of companies that produces four-wheel vehicle which effort to produce high quality product, preferred by consumer and may be competed with other product ones. An automobile consists of assembled parts such as tire, bolt, dorr and seat. While product under research to develop seat assy front rh/lh because the driver was most dominant in detennine the automobile comfortable. Therefore, nowadays PT Astra Daihatsu Motor has enough produced seat assy front rh/lh that was good qualified and preferred by consumer yet.While automobile under research is Daihatsu Xenia because Xenia was enough developed and was most preffered than all automobile series produced by Daihatsu.Development of seat assy front rh/lh products is conducted by using Fuzzy Quality FunctionDeployment (FQFD) method from consumer need and want priority. In the beginning, we conductidentification of seat assy front rh/lh characteristic needed by consumer, and determination of seatassy front rh/lh superiority compared to competitor products . Then determine correlation between need and technical characteristic and determination of target value established by the company that ultimately gives proposal of product development to meet consumer want more wholly .Characteristic of consumer need toward seat assy front rh/lh product are thick and tender foam, soft fabric, interesting color, rearrangeable seat level, rearrangeable seat back and forward, reclining seat, easy-operated safety belt, easy-rearrange safety belt, safety belt with indicator, safety belt hold our body firmly if there is any shock, easy-cleaned fabric, strong fabric, easy-rearrangedheadrest, comfortable backrest, cool fabric, armrest, pocket beside seat back, smooth color pattern, fabric with two tone (two types) pattern, leather fabric, seat form conforming backbone and has a sit heater.Technical characteristic of seat assy front rh/lh is weight of headrest, headrest releasekNOB, headrest, dimension of headrest , dimension of headrest stem, headset rearrange method,safety belt form, dimension of safety belt, operation of safety belt, rearrange method of safety belt, mass of safety belt, dimension of safety belt box, safety belt support, dimension of safety belt indicator socket, safety belt indicator socket form, operation method of safety belt indicator, reclining comer, reclining release lever, reclining operation method, seat weight seat dimension, seat headpoint , seat base dimension, seat base weight, high of seat base to beneath , high of top backrest to seat base, slide release lever, slide front most, slide rear most, back/forward rearrange method , color, fabric type, fabric pattern , seat secondary color, backrest style, slope angle (torso line), dimension of back headrest pocket, seat endurance, smooth of fabric, fabric response to dirt, fabric cleaning method and dimension of armrest. Determination of technical characteristic priority is conducted by using approach method of Fuzzy Quality Function Deployment with Triangular Fuzzy Number and defuzzi fication by using centroid method . The highest rating of technical characteristic is type of seat material /fabric.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?