Perancangan alat ukur kinerja PT. Takagi Sari Multi Utama menggunakan pendekatan Balanced Scorecard
P PT. TSMU merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur plastik yang menghasilkan produk berupa sparepart sepeda motor maupun mobil. PT. TSMU memiliki masalah yaitu belum mempunyai alat ukur kinerja perusahaan yang komprehensif meliputi tiga hal yaitu keseimbangan antara sisi keuangan dan non-keuangan, antara jangka pendek dan jangka panjang serta melibatkan faktor internal dan eksternal. Dengan adanya alat ukur kinerja secara menyeluruh perusahaan dapat mengevaluasi jalannya bisnis dengan lebih baik. Oleh karena itu, pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard sesuai untuk diterapkan sebagai alat ukur kinerja pada PT. TSMU. Penelitian ini diawali dengan tahap menerjemahkan visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan ke sasaran strategis, tahap kedua mengkaji aspek internal dilihat dari value chain untuk mencari kekuatan dan kelemahan dan aspek eksternal menggunakan Porter’s Five Forces untuk mencari peluang dan ancaman. Kemudian dibuat IFE dan EFE serta matriks SWOT. Berdasarkan perhitungan IE Matrik diketahui posisi perusahaan berada pada sel I yaitu pertumbuhan. Tahap ketiga menentukan sasaran strategis sesuai dengan perspektif Balanced Scorecard. Tahap keempat memetakan sasaran strategis kedalam 4 perspektif Balanced Scorecard. Tahap kelima adalah penentuan KPI (Key Incdicators Performance) dan inisiatif strategi berdasarkan sasaran strategis. Tahap berikutnya adalah pembuatan Strategy Map yang gunanya untuk mengetahui hubungan sebab akibat antar sasaran strategis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan kinerja PT.TSMU yaitu perspektif finansial didapatkan hasil 4, perspektif pelanggan didapatkan hasil 3.12, perspektif proses bisnis internal didapatkan hasil 3.54 dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan didapatkan hasil 3. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan secara keseluruhan dengan melihat keempat perspektif menghasilkan score akhir 3.415 hasil tersebut menunjukkan bahwa Kinerja Perusahaan PT. TSMU pada Tahun 2019 termasuk di dalam kategori “Baikâ€. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan, terdapat dua perspektif yang harus ditingkatkan yaitu perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan cara meninjau kembali penentuan target dan inisiatif strategisnya.
P PT. TSMU is a company engaged in the plastic manufacturing industry which produces products in the form of motorcycle and car spare parts. PT. TSMU has a problem, namely that it does not have a comprehensive company performance measurement tool covering three things, namely the balance between the financial and non-financial sides, between the short term and the long term and involves internal and external factors. With the overall performance measurement tool the company can better evaluate the course of the business. Therefore, performance measurement using the Balanced Scorecard is suitable to be applied as a performance measurement tool at PT. TSMU. This research begins with the stage of translating the company's vision, mission, goals and strategy into strategic goals, the second stage examines the internal aspects seen from the value chain to look for strengths and weaknesses and external aspects using Porters Five Forces to look for opportunities and threats. Then make IFE and EFE and a SWOT matrix. Based on the IE matrix calculation, it is known that the company's position is in cell I, namely growth. The third stage determines strategic goals according to the Balanced Scorecard perspective. The fourth stage maps strategic objectives into 4 Balanced Scorecard perspectives. The fifth stage is the determination of KPI (Key Incdicators Performance) and strategic initiatives based on strategic objectives. The next stage is the creation of a Strategy Map, which is used to determine the causal relationship between strategic objectives. The results of this study indicate that the overall performance of PT. TSMU, namely the financial perspective, obtained 4 results, the customer perspective obtained 3.12 results, the internal business process perspective obtained 3.54 results and on the learning and growth perspective obtained 3 results. Overall by looking at the four perspectives resulting in a final score of 3,415 these results indicate that the Company Performance PT. TSMU in 2019 is included in the "Good" category. From the measurement results that have been carried out, there are two perspectives that must be improved, namely the customer perspective and the learning and growth perspective by reviewing the determination of targets and strategic initiatives.