Perancangan bisnis restoran prancis di bsd
k keharusan untuk melakukan perjalanan jauh dan harga yang mahal untuk mencicipi hidangan makanan Eropa khususnya Perancis, menciptakan ide untuk membuat peprancangan bisnis restoran di BSD dengan menggunakan yang digunakan adalah design thinking dimana terbagi menjadi, how might we method, problem statement canvas, customer segment, customer persona, value proposition canvas, existing alternatives canvas, lean canvas, blue ocean strategy dan financial plan. Pada hasil pengujian dari data yang telah ditentukan, mendapatkan hasil bahwa perencangan bisnis ini dikatakan layak karena dari financial plan memberikan hasil keuntungan. muncul sebuah solusi dengan pendekatan metodedesign thinking yang sudah dilakukan yaitu perencanaan pembuatan restaurant dengan konsep open kitchen dan penggunaan bahan local, fresh dan organic serta memberikan kenyamanan pada customer nya dengan suasana yang ada pada restaurant.Perancangan restaurant ini dikatakan layak karena adanya keuntungan yangdidapatkan sesuai dengan perhitungan melalui financial plan dengan BEP unit 10286 per tahun dan target pasar 14400 unit pertahun maka restaurant ini dikatakan layak. Dengan adanya keuntungan kotor per bulan 504,000,000 pada tahun pertama dan keuntungan bersih 144,000,000 maka dapat dipastikan bahwa pengembalian investasi dana awal di bulan September.Kata Kunci : Design Thinking, Blue Ocean Strategy, Financial Plan
T The complaints of BSD citizens about the need to travel long distances and expensive prices to taste European dishes in particular French, created the idea to design a restaurant business in BSD using design thinking which is divided into, how might we method, problem statement canvas, customer segment, customer persona, value proposition canva, existing alternatives canvas, lean canva, blue ocean strategy and financial plan. On the test results of the data that has been determined, obtain the result that this business expansion is said to be worthwhile because of the financial plan yielding profit. There is a solution with the design thinking approach that has already been implemented, namely restaurant planning with the concept of open kitchen and the use of local, fresh and organic ingredients as well as providing comfort to its customers with the atmosphere that exists at the restaurant. The planning of this restaurant is said to be worthwhile because of the profits obtained according to the calculation through the financial plan with BEP units of 10286 per year and the target market of 14400 units per year then the restaurant was said to have been worthy. With a gross monthly profit of 504,000,000 in the first year and a net profit of 144,000.000 then it can be assured that the return on the initial investment of the funds in September