Perancangan model pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard (bsc) pada seacart
S Seacart adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang sourcing dan supplyseafood, menggunakan teknologi modern untuk mengatasi tantangan dalam rantai pasok seafood. Seacart berkomitmen pada keberlanjutan dan kepuasan pelanggan, menyediakan produk seafood berkualitas tinggi dari perairan Indonesia ke pasar domestik dan internasional Saat ini Seacart hanya melihat kinerja nya berdasarkan aspek finansial. Perusahaan juga belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengukur kinerja perusahaan Seacart menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) untuk mendapatkan hasil pengukuran kinerja Seacart berdasarkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tahapperancangan BSC dimulai dari penjabaran visi, misi, tujuan, dan strategi Seacart terhadap faktor internal dan eksternal dengan matriks SWOT untuk mendapatkan 8 tujuan strategis yang akan dikaitkan ke dalam 4 perspektif BSC. Kemudian akan ditentukan tolok ukur, target, dan inisiatif strategi bagi tiap tujuan strategis yang kemudian keterkaitannya digambarkan melalui peta strategi. Pembobotan skala penilaian terhadap masing-masing tujuan strategis tersebut kemudian dilakukan menggunakan metode Pairwise Comparison. Pengukuran Kinerja kemudian dilakukan dengan menghitung score dari tiap perspektif, dan diperoleh hasil pengukuran kinerja Seacart dalam perspektif finansial mendapat score sebesar 3.28, dalam perspektif Pelanggan mendapat score sebesar 3.65, dalam perspektif Proses Bisnis Internal mendapat score sebesar 4.00, dan dalam perspektif Pertumbuhan mendapat score sebesar 4.00. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja perusahaan yang dilakukan dengan menggunakan keempat perspektif tersebut dengan bobot yang sama, dapat diidentifikasi bahwa nilai kinerja perusahaan Seacart pada tahun 2023 sebesar 3.73.Berdasarkan skala Likert, hasil tersebut menunjukkan bahwa Kinerja Perusahaan Seacart pada Tahun 2023 dapat dikategorikan “Baik†karena berada pada range 3.41 – 4.20 pada skala penilaian.
S Seacart is a company engaged in the sourcing and supply of seafood, using modern technology to address challenges in the seafood supply chain. Seacart is committed to sustainability and customer satisfaction, providing high-quality seafood products from Indonesian waters to domestic and international markets. Currently, Seacart evaluates its performance based solely on financial aspects. The company has not yet conducted a comprehensive performance measurement. The purpose of this research is to design and measure Seacart\\\'s performance using the Balanced Scorecard (BSC) method to obtain performance measurement results based on financial, customer, internal business processes, and learning and growth perspectives. The BSC design phase starts with articulating Seacart\\\'s vision, mission, goals, and strategies in relation to internal and external factors using a SWOT matrix to derive 8 strategic objectives that will be linked to the 4 BSC perspectives. Benchmarks, targets, and strategic initiatives for each strategic objective will then be determined, and their relationships will be illustrated through a strategy map. The weighting of the assessment scale for each strategic objective is then carried out using the Pairwise Comparison method. Performance measurement is then conducted by calculating the scores for each perspective, and the results show that Seacart\\\'s performance score is 3.28 for the financial perspective, 3.65 for the customer perspective, 4.00 for the internal business process perspective, and 4.00 for the growth perspective. Based on the performance measurement results using these four perspectives with equal weights, it can be identified that Seacart\\\'s overall performance score in 2023 is 3.73. According to the Likert scale, this result indicates that Seacart\\\'s company performance in 2023 can be categorized as \\\"Good\\\" as it falls within the range of 3.41 – 4.20 on the assessment scale.