Perancangan model dan pengukuran kinerja perusahaan PT. Korma Jaya Utama menggunakan Metode Balanced Scorecard pada masa pandemi covid-19
P PT.Korma Jaya Utama merupakan perseroan terbatas yang merupakan salah satudari 83 perusahaan kecap yang ada di Indonesia saat ini. Perusahaan ini berdiri sejaktahun 70an dan telah digunakan oleh lebih dari 75% pedagang sate di Jabodetabek.Perusahaan ini awalnya berdiri di Kota Solo dengan nama Korma Food Companydan saat ini berlokasi di Jln. M Saidi No.39 Petukangan Selatan, Jakarta. PT.KormaJaya Utama saat ini memiliki 5 varian rasa yaitu Kecap Manis, Kecap ManisSedang, Kecap Manis Sate, Kecap Sari Rasa, dan Kecap Panggang. Selama masapandemi Covid-19 ini, untuk tetap dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaanlain performansi kinerja perusahaan harus lebih diperhatikan kembali. PadaPT.Korma Jaya Utama performansi kinerja perusahaan terlihat menurun yangditandai dengan menurunnya pendapatan perusahaan yang pada tahun 2019 adalahRp 3.115.530.000 menjadi Rp 2.319.900.000 pada tahun 2020. Penurunanperformansi kinerja perusahaan tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor yangmempengaruhi, contohnya penurunan permintaan produk dan pengurangankaryawan secara paksa karena pandemi Covid-19. Saat ini PT.Korma Jaya Utamamenghitung kinerja perusahaan mereka hanya dari faktor pendapatan perusahaan,kuantitas kerja, kualitas kerja, absensi dan kedisiplinan karyawan. Sehingga, untukmengetahui keseluruhan aspek kinerja perusahaan PT.Korma Jaya Utama perlumenghitung kinerja perusahaan mereka menggunakan metode Balanced Scorecardyang memiliki 4 perspektif yaitu Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan,Perspektif Bisnis Internal, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan yangbertujuan untuk meningkatkan lagi performa kinerja perusahaan agar tetap dapatbertahan dan bersaing dengan perusahaan lain selama masa pandemi Covid-19 ini.Adapun metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard, Value Chain Analysis,Five Porter’s Five Analysis, Analisa SWOT, Strategy Map, dan PairwiseComparison. Setelah menghitung keseluruhan bobot kinerja per perspektif dankeempat perspektif maka didapatkan hasil untuk bobot Perspektif Keuangan adalah27,8536, Perspektif Pelanggan adalah 2,2578, Perspektif Bisnis Internal adalah5,2404, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan 41,7645. Sehingga jikadijumlahkan kinerja perusahaan yang ada pada PT.Korma Jaya Utama adalah 77,12 yang berarti masih tergolong kedalam kategori “Baikâ€.
P PT. Korma Jaya Utama is a limited liability company which is one of 83 soy saucecompanies in Indonesia today. This company was founded in the 70s and has beenused by more than 75% of satay traders in Jabodetabek. The company wasoriginally established in the city of Solo under the name Korma Food Company andis currently located at Jln. M Saidi No.39 South Petukangan, Jakarta. PT. KormaJaya Utama currently has 5 flavors, namely Sweet Soy Sauce, Medium Sweet SoySauce, Sate Sweet Soy Sauce, Sari Rasa Soy Sauce, and Baked Soy Sauce. Duringthis Covid-19 pandemic, to remain able to survive and compete with othercompanies, the company's performance must pay more attention to it. At PT. KormaJaya Utama, the company's performance appears to be declining, which is indicatedby a decrease in the company's revenue, which in 2019 was Rp. 3,115,530,000 toRp. 2,319,900,000 in 2020. The decline in the performance of the company'sperformance was due to several influencing factors, for example, a decrease indemand. products and forced employee reductions due to the Covid-19 pandemic.Currently PT. Korma Jaya Utama calculates their company's performance onlyfrom the factors of company income, quantity of work, quality of work, absenteeismand employee discipline. Thus, to find out all aspects of the company'sperformance, PT. Korma Jaya Utama needs to calculate their company'sperformance using the Balanced Scorecard method which has 4 perspectives,namely Financial Perspective, Customer Perspective, Internal BusinessPerspective, and Learning and Growth Perspective which aims to improve thecompany's performance again. so that they can survive and compete with othercompanies during this Covid-19 pandemic. The methods used are BalancedScorecard, Value Chain Analysis, Five Porter's Five Analysis, SWOT Analysis,Strategy Map, and Pairwise Comparison. After calculating the overall performanceweights per perspective and the four perspectives, the results obtained for theFinancial Perspective weight is 27.8536, Customer Perspective is 2.2578, InternalBusiness Perspective is 5.2404, and Learning and Growth Perspective is 41.7645.So if the company's performance is added up at PT. Korma Jaya Utama is 77.12 which means it is still classified into the "Good" category.