Faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan nasabah mobile banking di Indonesia : studi tentang perspektif kaum muda sebagai pengguna
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan nasabah mobile Banking di Indonesia pada pengguna kaum muda. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner kepada kaum muda di Indonesia sebagai pengguna aktif mobile Banking. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 200 sampel. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu SEM dengan menggunakan software AMOS untuk melakukan pengujian validitas, reliabilitas serta statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Expense tidak berpengaruh positif terhadap Loyalty, Expense tidak berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Security tidak berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Relative Advantage berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Responsiveness berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Convenience berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap Trust, Customer Satisfaction tidak berpengaruh positif terhadap Loyalty, Trust tidak berpengaruh positif terhadap Loyalty, hal ini menunjukan bahwa tingkat kepercayaan nasabah tidak dapat menentukan loyalitasnya namun, semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen maka akan meningkatkan tingkat kepercayaan dan loyalitas nasabah terhadap Bank itu sendiri. Hal ini juga yang dapat dijadikan referensi bagi Bank yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kepercayaan serta kepuasan nasabaj sebagai prioritas utama
T This study is to analyze the factors that can affect satisfaction and trust in customer loyalty of mobile banking customers in Indonesia among young users. The data used in this study is primary data sourced from distributing questionnaires to young people in Indonesia as active users of mobile banking. The research sample was selected using purposive sampling method so that 200 samples were obtained. Analysis of the data used to test the hypothesis that is SEM using AMOS software to test the validity, reliability and descriptive statistics. The results show that Expense does not have a positive effect on Loyalty, Expense does not have a positive effect on Customer Satisfaction, Security does not have a positive effect on Customer Satisfaction, Relative Advantage has a positive effect on Customer Satisfaction, Responsiveness has a positive effect on Customer Satisfaction, Convenience has a positive effect on Customer Satisfaction, Customer Satisfaction has a positive effect on Trust, Customer Satisfaction does not have a positive effect on Loyalty, Trust does not have a positive effect on Loyalty, this shows that the level of customer trust cannot determine loyalty. The higher level of satisfaction felt by consumers, it will increase the level of trust and customer loyalty to the Bank itself. This can also be used as a reference for Banks in Indonesia to increase trust and customer satisfaction as a priority.