Fungsi signage ditinjau dari segi estetik
T Tujuan dari penelitian ini agar Pasar Seni Ancol Jakarta selalu dikenal oleh masyarakat, dengan dukungan signage yang mudah dipahami, efektif, indah dan berunsur seni. Sehingga menjadikan lingkungan Pasar Seni yang komunikatif untuk semua kalangan baik penyandang cacat, lansia dan anak-anak, serta dapat beroperasi disetiap waktu. Sumber data yang penulis gunakan dari hasil wawancara, media cetak, survey lapangan, buku-buku perpustakaan dan juga buku-buku dari pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis, wawancara langsung ke seniman, pengunjung dan pengelola Pasar Seni dari berbagai tingkatan. Metode penelitian di bagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa sebuah signage merupakan bagian dari corporate identity yang memperlihatkan karakter, identitas diri dan kualitas suatu tempat. Siganage mempunyai fungsi yang sangat berarti, dimana sangat membantu dalam mengetahui tempat atau informasi yang hendak kita cari dengan cepat. Signage digunakan untuk menunjukan suatu arah atau suatu tindakan yang sebaiknya di lakukan untuk kepentingan masyarakat umum. Signage harus semaksimal atau sebanyak mungkin orang mengerti arti dari signage tersebut, akan lebih baik lagi jika melebihi dari bahasa verbal. Maksudnya orang melihatnya langsung mengerti walaupun tanpa kata-kata.