DETAIL KOLEKSI

Fenomena produk art toys pada masyarakat urban dari perspektif kesenangan dan manfaat (Pleasure and Benefit)


Oleh : Muhammad Ghifari Prima Asli

Info Katalog

Subyek : Toys - Product design

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Sangayu K Laksemi N

Pembimbing 2 : Acep Iwan Saidi

Kata Kunci : toys, art, experiences, fun, benefits.

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

A Adanya masyarakat urban dewasa yang menyukai mainan (toys) perlahan menggeser anggapan bahwa mainan selalu identik dengan anak-anak. Mainan digemari oleh orang dewasa sebagai hobi untuk melepaskan diri dari gaya hidup urban yang melelahkan, sehingga mendapatkan kesenangan (pleasure). Berbagai macam jenis mainan yang beredar di pasaran, salah satunya adalah art toys, yaitu mainan yang memiliki nilai seni. Art toys berbeda dengan mainan pada umumnya, karena bisa menjadi media berkreativitas sekaligus memberikan keuntungan secara komersial maupun emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemunculan dan perkembangan art toys di Indonesia, serta aspek kesenangan (pleasure) dan manfaat (benefit) yang diidentifikasi melalui pengalaman para pelaku dalam skena art toys yaitu, seniman, kolektor, komunitas, dan produser art toys. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui proses wawancara. Data penelitian yang diperoleh dideskripsikan dan dikaitkan dengan teori pleasure dan benefit dari Patrick W. Jordan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seniman cenderung merasakan kesenangan secara psikologis dan manfaat secara emosional. Kolektor cenderung merasakan kesenangan secara ideologis dan manfaat emosional. Komunitas cenderung merasakan kesenangan secara sosial, serta manfaat praktis dan emosional. Sedangkan produser cenderung merasakan kesenangan psikologis dan manfaat secara emosional. Penelitian ini menemukan bahwa produk art toys dapat memberikan kesenangan dan manfaat dengan berbagai cara yang berbeda-beda, hal ini tergantung bagaimana pengalaman yang dilalui serta peran seseorang dalam skena art toys.

T The presence of adults in urban communities who like toys slowly shifts the notion that toys are always associated with children. Toys are favored by adults as a hobby to get away from the tiring urban lifestyle to get pleasure. There are various types of toys on the market, one of them is art toys, toys that have an artistic value. Art toys are different compared to toys in general, because they can be used as a creative medium as well as provide commercial and emotional benefits. This study aims to analyze the rise and growth of art toys in Indonesia, as well as pleasure and benefit aspect identified through the experiences of actors in the art toys scene namely, artists, collectors, communities, and producers of art toys. The method used in this study is qualitative with a phenomenological approach through the interview process. The obtained research data is described and linked to the pleasure and benefit theory of Patrick W. Jordan. The results of the research show that artists tend to feel psychological pleasure and emotional benefits. Collectors tend to experience pleasure ideologically and emotionally. Communities tend to experience pleasure socially, as well as practical and emotional benefits. Meanwhile, producers tend to feel psychological pleasure and emotional benefits. This research found that art toys products can provide pleasure and benefits in a variety of different ways, this depends on how the experience is passed and one\'s role in the art toys scene.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?