DETAIL KOLEKSI

Analisa SWOT dan implikasinya dalam perumusan strategi bersaing PT. Bank Bumiputera Indonesia, Tbk dalam mengembangkan kredit usaha kecil dan menengah (UMKM) di Cabang Yogyakarta


Oleh : Kunto Arief Wibisono

Info Katalog

Subyek : Small business;Strategic planning - Economic aspects

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : PT. Bank Bumiputera Indonesia, Tbk, UMKM, Yogyakarta

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TS_MTI_163031004_Halaman-Judul.pdf
2. 2005_TS_MTI_163031004_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2005_TS_MTI_163031004_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2005_TS_MTI_163031004_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2005_TS_MTI_163031004_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2005_TS_MTI_163031004_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2005_TS_MTI_163031004_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2005_TS_MTI_163031004_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2005_TS_MTI_163031004_Lampiran.pdf

P Peran perbankan sebagai financial intermediaries. Pada saat ini mulai memfokuskan bisnisnya ke segmen ritel. Tabun 2000, UKM (non pertanian yang tidak berbadan hukum) masih tetap terkonsentrasi di pulau Jawa termasuk Yogyakarta, baik dilihat dari sisi jumlah usaha maupun jumlah pekerjanya.Bank Bumiputera claim menjalankan fungsi intermediasinya masih kurang optimum.Penelitian tentang strategi pemasaran Kredit bagi UKM sebagai dasar penyusunan formulasi strategi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dari para kompetitor.Tujuan Penelitian Menentukan positioning produk Kredit bagi Usaha kecil dart Menengah (UKM) dalam analisis SWOT Menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai bagi pengembangan produk Kredit bagi UKM pada Bank Bumiputera Cab. Yogyakarta berdasarkan analisis SWOT. Bank Bumiputera Cab. Yogyakarta dalam memasarkan kredit bagi Usaha Kecil dan Menengah dari lingkungan eksternal lebih dominan dibandingkan dengan ancaman yang harus dihadapi, maka pihak manajemen Bank Bumiputera Cabang Yogyakarta harus mampu mengoptimalkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang tersedia. Implikasi Strategi analisis SWOT dapat diketahui bahwa kemampuan perusahaan lebih besar daripada potensi pasar sehingga strategi yang tepat adalah strategi pertumbuhan yang cepat (Rapid Growth Strategy), artinya dalam menangkap peluang pasar, perusahaan mampu melayani kelebihan permintaan, dengan memilih cara yang tercepat agar peluang tersebut tidak jatuh ke tangan pesaing. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis SWOT adalah Bank Bumiputera Cabang Yogyakarta mempunyai kekuatan internal yang relatif lebih baik dibandingkan dengan kekuatan eksternalnya.Perusahaan tersebut memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan peluang yang ada. secara keseluruhan, kemampuan perusahaan lebih besar daripada potensi pasar sehingga strategi yang tepat adalah Strategi Pertumbuhan Yang Cepat (Rapid Growth Strategy), artinya dalam menangkap peluang pasar, perusahaan mampu melayani kelebihan permintaan, dengan memilih cara yang tercepat agar peluang tersebut tidak jatuh ke tangan pesaing. Saran untuk posisi produk Kredit bagi UKM Bank Bumiputera Cabang Yogyakarta mempunyai kekuatan eksternal yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kekuatan internalnya Berdasarkan tingginya kekuatan yang dimiliki serta adanya peluang yang tersedia maka strategi yang harus dilakukan oleh Bank Bumiputera Cabang Yogyakarta dalam meningkatan skim Kredit Umum adalah melalui strategi pertumbuhan yang cepat (Rapid Growth Strategy), cara dengan melakukan promosi yang gencar dan direct selling dengan cara sosialisasi produk secara langsung kepada masyarakat dan memberi penjelasan manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh masyarakat maka layanan jemput bola (delivery service) hendaknya tetap dipertahankan, karena telah terbukti bahwa cara pelayanan tersebut, menciptakan suatu sistem pelayanan yang mudah dan tidak birokratis. sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses kredit perbankan dan pihak perbankan sendiri akan lebih aman dalam menyalurkan kredit terutama resiko kemungkinan terjadinya kredit macet

T The role of banking as financial intermediaries. At this time began to focus its business on the retail segment. In 2000, SMEs (non-agricultural companies that are not legal entities) are still concentrated in Java, including Yogyakarta, both in terms of the number of businesses and the number of employees. Bank Bumiputera claims that its intermediation function is still not optimal. Research on credit marketing strategies for SMEs as a basis preparation of strategy formulations in the face of increasingly fierce competition from competitors. Research Objectives To determine the positioning of Credit products for Small and Medium Enterprises (SMEs) in the SWOT analysis Determine the most suitable marketing strategy for the development of credit products for SMEs at Bank Bumiputera Cab. Yogyakarta based on SWOT analysis. Bank Bumiputera Cab. Yogyakarta in marketing credit for Small and Medium Enterprises from the external environment is more dominant than the threats that must be faced, then the management of Bank Bumiputera Yogyakarta Branch must be able to optimize all available capabilities to take advantage of available opportunities. The implications of the SWOT analysis strategy can be seen that the company's ability is greater than the market potential so that the right strategy is a rapid growth strategy, meaning that in capturing market opportunities, the company is able to serve excess demand, by choosing the fastest way so that these opportunities do not occur. fall into the hands of competitors. The conclusion obtained based on the results of the SWOT analysis is that Bank Bumiputera Yogyakarta Branch has relatively better internal strengths compared to external strengths. The company has strengths that can be utilized to take advantage of existing opportunities. Overall, the company's ability is greater than the market potential so that the right strategy is a Rapid Growth Strategy, meaning that in capturing market opportunities, the company is able to serve excess demand, by choosing the fastest way so that these opportunities do not fall into the hands of competitors. . Suggestions for the position of Loan products for SMEs Bank Bumiputera Yogyakarta Branch has relatively higher external strength than its internal strength. rapid growth strategy (Rapid Growth Strategy), by conducting intensive promotions and direct selling by way of direct product socialization to the public and explaining the benefits and advantages that will be obtained by the community, the delivery service should be maintained, because it has it is proven that the way of service, creates a service system that is easy and not bureaucratic. so that the public will find it easier to access bank credit and the banks themselves will be safer in channeling credit, especially the risk of possible bad loans

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?