Analisis pelanggan terhadap quality of service CDMA 2000 1x EV-DO melalui marketing mix produk Telkomfleksi ditinjau dari aspek teknis (Studi Kasus di PT. Telkom Kendatel Kupang)
T TELKOMFIexi merupakan salah satu layanan jasa telekomunikasi suara dan data yang berbasis nirkabel atau wireless dengan menggunakan teknologi CDMA2000 1X-EVDO (Evolution Data Only) yang disediakan PT. TELKOM Kandatel Kupang. Untuk menghasilkan produk dan Quality of Service yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, maka pihak perusahaan khususnya PT.TELKOM Kandatel Kupang juga perlu mengetahui perilaku konsumen dengan memilih dan menampilkan variabel pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini yaitu mengenai pelaksanaan bauran pemasaran atau marketing mix meliputi unsur — unsur : product, price, promotion dan place yang berkaitan dengan Quality of Service produk TELKOMFIexi yang diberikan oleh PT.TELKOM ditinjau dari aspekteknis dan non teknis.Analisis hasil penelitian ini menggunakan Program SPSS.12 For Windows (Stastical Product and Service Solution larupa Analisis Statistik Distribusi Frekuensi dan Analisis Statistik Inferensi. Dari hasil penelitian diketahui jumlah responders pengguna produk Flexi Trendy sebanyak 65 orang. Pelanggan Flexi di kota Kupang didominasi oleh kaum pria, pelanggan rata —rata 21 — 25 tahun, tingkat pendidikan pelanggan rata — rata S1, profesi pelanggan didominasi oleh : mahasiswa, PNS/TNI/POLRI, pegawai swasta dan wiraswastawan. Masalah teknis yang sangat signifikan dalam layanan TELKOMFIexi yaitu drop call dan network failure, delay dalam pengiriman SMS dan failed connection dan interkoneksi ke operator lain. Dari aspek non teknis yaitu masalah jarak lokasi penjualan produk TELKOMFIexi sangat sulit terjangkau, keterbatasan jumlah tempat penjualan produk TELKOMFIexi serta masalah promosi.
T TELKOMFIexi is one of the voice and data telecommunications services based on wireless or wireless using CDMA2000 1X-EVDO (Evolution Data Only) technology provided by PT. TELKOM Kandatel Kupang. To produce products and Quality of Service that are in accordance with market needs and desires, the company, especially PT. TELKOM Kandatel Kupang also needs to know consumer behavior by selecting and displaying marketing variables according to market needs. The main problem discussed in this study is regarding the implementation of the marketing mix or marketing mix including elements: product, price, promotion and place related to the Quality of Service of TELKOMFIexi products provided by PT. TELKOM in terms of aspectstechnical and non-technical.The analysis of the results of this study uses the SPSS.12 For Windows Program (Statistical Product and Service Solution as well as Statistical Analysis of Frequency Distribution and Statistical Inference Analysis. From the results of the study, it is known that the number of respondents using Flexi Trendy products is 65 people. Flexi customers in the city of Kupang are dominated by men , average customer 21-25 years old, average customer education level S1, customer profession is dominated by: students, civil servants/TNI/POLRI, private employees and entrepreneurs Very significant technical problems in TELKOMFIexi services are drop calls and network failure , delays in sending SMS and failed connection and interconnection to other operators.From the non-technical aspect, namely the problem of distance from which TELKOMFIexi product sales locations are very difficult to reach, limited number of TELKOMFIexi product sales points and promotion problems.