Analisis pengaruh desain kemasan produk jamu industri rumah tangga terhadap minat beli konsumen di supermarket
B Berkembangnya gaya hidup sehat di Indonesia sejak era 2000-an turut memicu meningkatnya industri jamu UMKM. Hal tersebut mendorong munculnya fenomena produk jamu tradisional dengan kemasan baru yang dianggap “lebih baik†dan “lebih sesuai†dengan kehidupan modern. Inilah yang kemudian dikenal sebagai produk jamu kekinian. Salah satu merek yang menjadi pionir produk jamu kekinian adalah jamu houseblend dari kedai Suwe Ora Jamu (SOJ). SOJ secara konsisten memperkenalkan budaya minum jamu pada kalangan milenial yang tinggal di Jakarta sejak tahun 2013. Relasi antara jamu tradisional produk SOJ bernuansa kekinian dengan konsumen milenial menjadi suatu hal yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Berdasarkan premis tersebut, dalam penelitian ini dikaji relasi tampilan kemasan jamu kekinian SOJ (sebagai kasus) dengan persepsi konsumen kalangan milenial. Untuk mengakomodasi tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi dan regresi linear berganda terhadap persepsi responden (kalangan milenial) atas variabel desain kemasan jamu houseblend SOJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis huruf, kombinasi warna dan struktur botol kemasan merupakan variabel signifikan yang mempengaruhi persepsi konsumen kalangan milenial. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur tampilan kemasan produk jamu kekinian (sebagai produk kesehatan) yang mampu mendorong minat konsumen untuk membeli/mengkonsumsinya.
T The growth of healthy lifestyle in Indonesia enhanced small-scale jamu industries in Indonesia. As result, it boosted various contemporary version of traditional jamu drinks that deemed better suit for modern life. One of those contemporary jamu drinks is houseblend jamu of Suwe Ora Jamu (or better known as SOJ) tavern. Since 2013, SOJ consistently introduces jamu drinking culture for urban consumers in Jakarta. It is interesting to explore the relationship between contemporary products of traditional jamu drink (SOJ as the case) with milenial consumers. Based on this premise, this research studied the effect of packaging design of SOJ drinks on milenial consumers’ perception. Therefore, the study employed quantitative approach by correlational analysis and linear regression on consumers’ perception toward packaging design variables of SOJ product. Result indicates that type of font, color combination, and bottle form structure significantly influence milenial’s consumer perception. Althouh further study are necessary, this finding may serve as benchmark for designing contemporary looks of traditional jamu product that attract consumers’ interests to consume it.