Analisis aspek kenyamanan interior co-working space terhadap pola kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja (studi kasus : Hotdesk Gowork Pondok Indah Jakarta)
P Perubahan pola dalam bekerja saat ini dipengaruhi adanya pandemi dan kemajuan teknologi yang memaksa masyarakat beradaptasi. Sebagian besar pola kerja yang gunakan saat ini adalah online working. Dengan pola kerja online, bekerja dapat dilakukan secara mandiri, tanpa harus menggunakan ruang nyata dengan standart ukuran tertentu seperti kantor pada umumnya. Sehingga permasalahan yang terjadi ini membuat perusahaan atau pekerja membutuhkan tempat kerja yang nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan pekerja yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas kerja. Studi kasus Co-working space yang dilakukan pada penelitian ini yaitu GoWork Pondok Indah pada area hotdesk yang dapat menjadi salah satu pilihan atas pola kerja saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis faktor aspek kenyamanan pengguna pada area hotdesk GoWork Pondok Indah terhadap pola kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja dan menentukan area yang nyaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method explanatory sequential. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi pengukuran, dilanjutkan dengan data kualitatif berupa studi literatur, wawancara, dan observasi pengamatan aktivitas dan fasilitas pengguna. Hasil menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kenyamanan interior dapat lihat dari faktor fisik/lingkungan yang mencakup furniture, suhu, kebisingan, pencahayaan, warna dan juga dilihat dari faktor kenyamanan non fisik yaitu psikospritual atau perasaan pengguna saat bekerja di area hotdesk. Sedangkan berdasarkan hasil pembahasan area yang paling nyaman menurut pengguna dan paling sesuai standar kenyamanan adalah pod individual dan lounge.
T The changes in work habits in recent years are influenced by the pandemic and the advancements in technology that encourages society to adapt. Currently, many opt for online working over other working habits. This way, work can be done independently without requiring a standardized office space. However, there is still the issue of the company and it’s employee’s finding a suitable working area that can fulfill the requirements needed to increase work productivity.The case study focuses on GoWork Pondok Indah, specifically the hotdesk area, which is one of the current working habits. This investigation aims to analyze how factors affecting comfort of the user throughout every interior area hotdesk in Gowork Pondok Indah influence working habits and increase work productivity. This study uses mix method explanatory sequential. Quantitative data was gathered through the use of questionnaires and measurement observations, followed by qualitative data in the form of studying related literature, interviews, as well as observation of user activity and facilities. The results show that the factors affecting the comfort of the interior are among the physical factors – such as furniture, temperature, noise level, lighting, and color – and the non-physical or psychospiritual factors that pertain to the mood of the user working at the hotdesk. Based on the results, the discussion concludes that the individual pod and lounge to be most comfortable and suitable work area.