DETAIL KOLEKSI

Analisis pergerakan topik dan keanggotaan pembicaraan di twitter dengan Metode K-Means Clustering


Oleh : Josua Valentino Hutagalung

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Agung Sediyono

Pembimbing 2 : Binti Solihah

Subyek : Human engineering;Instructional systems

Kata Kunci : social context analysis , k-means , clustering , twitter

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_SIF_064001700010_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2022_TA_SIF_064001700010_Lembar-Pengesahan.pdf 2
3. 2022_TA_SIF_064001700010_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2022_TA_SIF_064001700010_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 26
5. 2022_TA_SIF_064001700010_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 22
6. 2022_TA_SIF_064001700010_Bab-4_Implementasi-dan-Uji-Coba.pdf 68
7. 2022_TA_SIF_064001700010_Bab-5_Kesimpulan.pdf 4
8. 2022_TA_SIF_064001700010_Daftar-Pustaka.pdf 2

M anusia dilahirkan untuk saling bersosialisasi. Sosial media merupakan salah satu media untuk dapat saling bersosialisasi. Twitter adalah salah satu media sosial yang berisi ratusan juta tweet dimana tweet tersebut berisi tentang berita , produk yang sedang populer , bahkan tentang keseharian user yang dapat berubah – ubah . Social Context Analysis merupakan alat untuk menganalisis perubahan sosial dan kebutuhan individu dalam masyarakat dari waktu ke waktu . Dalam penelitian ini , penulis menggunakan metode K-means Clustering untuk mengelompokkan topik pada Twitter. Dalam implementasinya , penelitian ini diharapkan akan dapat melihat terjadinya pergerakan topik dan pergerakan keanggotaan (membership) pada topik Twitter sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kekuatan suatu topik dilihat dari lama pengguna berada dalam topik dan besar keanggotaan suatu topik.

H umans are born to socialize with each other. Social media is one of the media to be able to socialize with each other. Twitter is one of the social media that contains hundreds of millions of tweets where the tweet contains news, products that are currently popular, even about the daily life of users who can change. Social Context Analysis is a tool to analyze social changes and individual needs in society from time to time. In this study, the author uses the K-means Clustering method to group topics on Twitter. In its implementation, this research is expected to be able to see the occurrence of topic movements and movements (membership) on Twitter topics so that they can be used to determine the strength of a topic seen from the length of time in the topic and the size of a topic user forum.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?