Studi kelayakan bisnis produk zeta green dengan menggunakan metode lean startup
P T. Dipo Technology yang bekerjasama dengan Center for Plasma Research dari Universitas Diponegoro (UNDIP) menciptakan produk yang dapat membersihkan udara dari virus, bakteri, jamur, partikel dan terutama asap rokok di dalam ruangan yaitu zeta green. Penelitian ini dilakukan untuk merancang value proposition dan merancang model bisnis yang tepat untuk kelayakan bisnis produk zeta green serta menentukan zeta green layak atau tidak untuk masuk ke tahap komersialisasi. Untuk melakukan kelayakan bisnis produk zeta green, pertama adalah dengan cara melakukan customer discovery yaitu mengumpukan data dengan melakukan wawancara (empathy map) dan melakukan penyebaran kuesioner. Kemudian di validasi dengan menggunakan experiment board. Selanjutnya disertai dengan pembuatan Minimum Viable Product (MVP) serta pitching MVP kepada calon customer. Langkah berikutnya adalah melakukan pembuatan lean canvas. Setelah lean canvas tersebut valid baru dapat dilanjutkan ke analisis kelayakan bisnis. Unique Value Proposition dari produk zeta green yaitu air purifier yang efektif dapat mebersihkan polusi udara di dalam ruangan tanpa menggunakan filter, hemat energi dan ramah lingkungan. Dana investasi awal produk zeta green sebesar Rp 336.000.000, dengan profitability index sebesar 3,56 dan rata-rata titik impas saat penjualan mencapai 1076 unit dan payback period selama 3 tahun 1 bulan, maka bisnis produk zeta green ini layak. Berdasarkan studi kelayakan bisnis dapat diketahui bahwa produk zeta green telah memenuhi sepuluh kriteria opportunity assessment sehingga produk zeta green dianggap layak.
P T Dipo Technology in cooperation with the Center for Plasma Research at Diponegoro University (UNDIP) creating products that can cleanse the air viruses, bacteria, fungi, particles, and especially cigarette smoke in the room, namely Zeta Green. This research was conducted to design the value proposition and designing the right business model to the feasibility of business products of Zeta Green and determining of Zeta Green is worth it or not to enter into the commercialization stage. To determine the feasibility of zeta green products business. First is to make the customer discovery, which gather data by conducting interviews (empathy map) and distributing questionnaires. Then validate dusing the experiment board. Furthermore, along with the manufacture of minimum viable product (MVP) and MVP pitching to prospective customers. The next step is to make a lean canvas. then, after the canvas lean valid, can proceed to the analysis of the feasibility of the business. Unique Value Proposition of Zeta Green product is an effective air purifier that can clean indoor air pollution without using filter, energy-saving and environmental friendly. Based on feasibility study showed that the Zeta Green product has fulfilled ten criteria of assessment opportunity, so that the Zeta Green products considered worthy. Initial investment funds of Zeta Green products is Rp.336.000.000, with the profitability index is 3,56 and an average breakeven point when sales reach 1076 units and payback period for 3 years and 1 month. Then the Zeta green product business is worthy.