Model sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard
K Kebutuhan perusahaan akan pentingnya peranan manajemen yang strategis untuk merespon perubahan yang terjadi dimasa depan serta menciptakan masa depan perusahaan yang unggul, menyebabkan perusahaan perlu mengimplementasikan metode pengukuran kinerja yang lengkap. Salah satu metode yang dapat diimplementasikan yaitu : "Balanced Scorecard (BSC)" yang memiliki empat perspektif yakni perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran & pertumbuhan, yang merupakan satu kesatuan yang mempunyai hubungan saling keterkaitan antara satu dan lainnya serta berhubungan erat dengan visi, misi dan strategi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan : "Model Sistein Pengkuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard", melalui studi kasus pada PT XYZ ditingkat Korporasi (Corporate). Verifikasi model dilakukan dengan menggunakan data kinerja PT XYZ tahun 2012 dan tahun 2013. Validasi model dilakukan melalui penilaian dari pihak PT XYZ. Model yang dirancang terdiri dari 4 perspektif dengan 26 KPI. Hasil verifikasi model menunjukkan bahwa rancangan model dapat digunakan untuk mengukur kinerja PT XYZ.I-Iasil validasi model menunjukkan bahwa rancangan model dinilai sangat baik. Dengan adanya Model Sistem Pengukuran Kinerja ini, diharapkan dapat digunakan sebagai masukan atau pembanding terhadap model sistem pengukuran kinerja yang telah dimiliki oleh PT XY , sebagaimana yang diharapkan oleh pimpinan/manajemen dari PT XYZ.
T The company's need for the importance of the strategic role of management to respond to changes that occur in the future and create a superior company future, causes companies to implement a complete performance measurement method. One of the methods that can be implemented is: "Balanced Scorecard (BSC)" which has four perspectives, namely financial, customer, internal business processes and learning & growth perspectives, which are a single entity that has interrelationships between one another and is closely related to company vision, mission and strategy. This study aims to produce: "Performance Measurement Cysteine ​​Model With Balanced Scorecard Approach", through a case study at PT XYZ at the Corporate level. Model verification is carried out using PT XYZ performance data in 2012 and 2013. Model validation is carried out through an assessment from PT XYZ. The designed model consists of 4 perspectives with 26 KPIs. The results of model verification indicate that the design model can be used to measure the performance of PT XYZ.I-The results of model validation indicate that the design model is considered very good. With this Performance Measurement System Model, it is hoped that it can be used as input or comparison to the performance measurement system model that has been owned by PT XY, as expected by the leadership/management of PT XYZ.