DETAIL KOLEKSI

Kajian proses komunikasi ide dasar dan identitas dalam proses branding


Oleh : Tobias Warbung

Info Katalog

Nomor Panggil : 0014/T/2011

Subyek : Branding - Visual impressions

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Nanang Rizali

Pembimbing 2 : Drajatno Widi Utomo

Kata Kunci : branding, communication, visual impressions, identity, core idea

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TS_MDP_191090025_Halaman-judul.pdf
2. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-1.pdf 7
3. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-2.pdf 19
4. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-3.pdf 5
5. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-4.pdf 21
6. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-5.pdf 26
7. 2011_TS_MDP_191090025_Bab-6.pdf 3
8. 2011_TS_MDP_191090025_Daftar-pustaka.pdf

B Brand merupakan suatu yang fenomenal karena banyak dibicarakan dan banyak dibahas di mesia-media. Brand berbicara tentang impresi konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan. Semakin positif impresinya, semakin besar kesetiaan konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan. Oleh karena itu ada banyak perusahaan besar yang rela berinvestasi dan mengeluarkan biaya yang banyak pada kegiatan ini dengan tujuan membangun citra perusahaan mereka.Brand bisa dibentuk melalui dua elemen yaitu ide dasar dan identitas. Ide dasar berbicara tentang tujuan suatu perusahaan, untuk apa dia ada, dan apa yangdia lakukan. Ide inilah yang kemudian ingin disampaikan dan menjadi inti untuk berkomunikasi dengan konsumen. Mengkomunikasikan ide dasar juga harus didukung dengan identitas. Identitas berbicara tentang sistem visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara visual kepada konsumen, seperti logo, poster, dan media-media yang lain. Hal ini dianggap efektif karena visual dianggap mampu berbicara lebih banyak dibandingkan sekedar kata-kata saja.Tesis ini bertujuan menganalisa proses komunikasi ide dasar dan proses konstruksi identitas dengan mengambil studi kasus majalah Concept dan Versus.Concept dan Versus adalah majalah yang berbasiskan desain grafis, dengan kedua pendirinya yang juga adalah desainer grafis. Dengan asumsi bahwa seorang desainer grafis dipandang lebih mampu dalam membentuk sebuah brand dan mempunyai kemampuan visual yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain,maka kasus ini bisa menjadi sangat menarik untuk diteliti prosesnya.Penelitian dalam tesis ini tergolong deskriptif kualitatif dengan berfokus meneliti ide dasar dan identitas majalah Concept dan Versus. Yang termasuk dalam cakupan penelitian ini adalah majalah yang dianggap sebagai produk utama, sistem visual dan proses komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen.Penelitian ini mengungkapkan hal-hal yang ada di balik proses komunikasiide dasar dan konstruksi identitas majalah Concept dan Versus, karena ditemukan adanya kemiripan pada proses branding majalah Concept dan Versus. Melalui studi kasus ini bisa dipelajari bahwa ide dasar dan identitas mempunyai perananyang signifikan dalam proses pembentukan suatu brand. Ide dasar yang dikomunikasikan dengan baik didukung dengan identitas yang unik mampu membentuk impresi konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan.

B Brand is a phenomenal, many people and media talk about it. Brand isabout the impressions of consumers to a product or company. The more positive the impression, the greater the loyalty of consumers towards a product orcompany. Therefore there are many large companies are willing to invest and spend a lot of money on this activity with the aim of building their corporate image.Brand could be formed through two elements, core idea and identity. Core idea talk about the goals of a company, for what he is, and what he did. The ideais then to be conveyed and become core to communicate with consumers.Communicating core idea should also be supported with identity. Identity is a set of visual system used to convey a message visually to the consumer, such as logos, posters, and other media. It is considered effective because it is considered that visual is able to speak more than just words alone.This thesis aims at analyzing the communication process of core idea and the construction of identity with case studies of Concept and Versus magazine.Concept and Versus is a magazine-based graphic design, with the two founderswho also is a graphic designer. Assuming that a graphic designer is considered better able to establish a brand and have better visual abilities than others, thenthis case could be very interesting to study the process.The research in this thesis is using a descriptive qualitative approach that focuses on core idea and identity of Concept and Versus magazine. Included inthe scope of this study is a magazine that is considered as the main product, the visual system and the communication processes used to communicate with consumers.This study reveals the things that exist in the communication process of core idea and the construction of identity for Concept and Versus magazine,because it found a similarity in the branding process between Concept and Versus magazine. Through these case studies, we can be learned that core idea and identity have a significant role in the process of establishing a brand. A core idea that is well communicated supported with a unique identity is able to form an impressions of a consumer to a product or company.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?