Peranan single electronic voucher pada strategi pemasaran PT. Indosat Tbk
D Demi kepuasan Pelanggan PT.Indosat.tbk sebagai provider jaringan GSM dan Jaringan CDMA hams mampu menyediakan layanan kepada pelanggan seperti kemudahan mengisi pulsa melalui media elektronik. Seperti diketahui Indosat merupakan merger dari beberapa perusahaan Telekomunikasi yaitu Indosat, Satelindo dan .IM3, yang dulunya mempunyai perangkat Reload Voucher dimasing-masing perusahaan tsb. Dalam Tesis ini dibahas penyatuan ketiga sistem tsb menjadi satu sistem yang disebut Single Electronic Voucher. Dengan system yang baru tersebut diharapkan dapat meng-eliminir problem-problem yang ada dan dapat mendulcung dari Strategi pemasaran PT. Indosat sehing a service yang diberikan ke pelanggan dapat lebih cepat dan balk serta dapat emat dari sisi Operational Expend (Opex) dan Capital Expend (Capex Dengan metodologi menggunakan aspek tehnik dan bisnis meliputi analisis sistem dan data dilapangan. Dan hasil ini diperoleh satu sistem yang akan menghemat di sisi Operational Expend (Opex) dan Capital Expend (Capex). Dengan kata lain satu sistem Electronic Reload Voucher atau yang kita sebut SEV (Single Electronic Voucher), dapat menghemat uang sebesar kurang lebih Rp.759.549.667,- jika dibandingkan dengan kartu fisik per harinya, serta penghematan sebesar Rp.103.872.076.000,- pertahunnya jika dibandingankan dengan menggunakan satu mesin per-tahunnya.
F For the sake of customer satisfaction, PT.Indosat.tbk as a GSM network provider and CDMA network must be able to provide services to customers such as the convenience of topping up credit through electronic media. As is well known, Indosat is a merger of several telecommunication companies, namely Indosat, Satelindo and .IM3, which used to have Reload Voucher devices in each of these companies. This thesis discusses the unification of the three systems into one system called Single Electronic Voucher. With the new system, it is hoped that it can eliminate existing problems and can support the marketing strategy of PT. Indosat so that the service provided to customers can be faster and better and can save money in terms of Operational Expend (Opex) and Capital Expend (Capex. With a methodology using technical and business aspects including system analysis and data in the field. And these results are obtained a system that will save on Operational Expend (Opex) and Capital Expend (Capex). In other words, an Electronic Reload Voucher system or what we call SEV (Single Electronic Voucher), can save money of approximately Rp. 759,549,667, - when compared to physical card per day, as well as savings of Rp.103,872,076,000, - per year when compared to using one machine per year.