Pengaruh investment opportunity set, pertumbuhan perusahaan, dan sustainability reporting terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investment opportunityset, pertumbuhan perusahaan, dan sustainability reporting terhadap nilai perusahaandengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2020. Penelitianini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 55 perusahaan.Sumber data diperoleh dari www.idx.co.id dan website resmi perusahaan nonkeuangan 2018-2020. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresimoderasi. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji statistik deskriptif dan ujiasumsi klasik terlebih dahulu.Hasil penelitian ini menunjukan (1) Investment opportunity set tidak berpengaruhterhadap nilai perusahaan, (2) Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadapnilai perusahaan, (3) Sustainability reporting berpengaruh negatif terhadap nilaiperusahaan, (4) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (5)Ukuran perusahaan memperkuat pengaruh investment opportunity set terhadap nilaiperusahaan, (6) Ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat pertumbuhanperusahaan terhadap nilai perusahaan, (7) Ukuran perusahaan tidak mampumemperkuat sustainability reporting terhadap nilai perusahaan.
T his study aims to analyze the effect of investment opportunity set, firm growth,sustainability reporting on firm value with firm size as moderating variable. This studyuses secondary data on non-financial companies listed on the Indonesia StockExchange during 2018-2020. This study used purposive sampling so that obtained asmany as 55 companies. Data were obtained from www.idx.coid and the official websiteof non-financial companies in 2018-2020. Hypothesis testing technique usingmoderated regression analysis. Before testing the hypothesis, descriptive statisticaltests and classical assumption tests are carried out first.The results of this study indicate (1) investment opportunity set has no effecton firm value, (2) firm growth has no effect on firm value, (3) sustainability reportinghas a negative effect on firm value, (4) firm size has no effect on firm value, (5)firmsize could strengthen the effect of investment opportunity set on firm value, (6) firmsize unable to strengthen the effect of firm growth on firm value, (7) firm size unableto strengthen the effect of sustainability reproting on firm value.