DETAIL KOLEKSI

Analisa dampak roda benjol pada kereta MRT Jakarta

2.5


Oleh : Rizki Dwina Ramadhani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Subyek : Trains

Kata Kunci : wheel, flat wheel, finite element method, Jakarta MRT

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STM_061001800548_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STM_061001800548_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TA_STM_061001800548_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2020_TA_STM_061001800548_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STM_061001800548_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STM_061001800548_Bab-4_Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STM_061001800548_Bab-5_Penutup.pdf
8. 2020_TA_STM_061001800548_Daftar-Pustaka.pdf

M RT Jakarta adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa transportasi. Untuk melayani masyarakat diharuskan menggunakan sarana amandan nyaman. Salah satu komponen terpenting dalam kereta api adalah roda. Rodamenopang semua beban dari kereta yang kemudian diteruskan ke rel. Seringkaliroda tersebut mengalami gangguan salah satunya munculnya roda benjol. Rodabenjol merupakan suatu titik pada permukaan roda yang tidak mengikuti bentukbulat dari permukaan roda. Roda benjol seringkali diakibatkan oleh fenomenasliding. Sliding terjadi ketika pengereman mengunci roda sehingga tidak dapatberputar tetapi kereta dalam keadaan berjalan yang menyebabkan gesekan antararoda dan rel. Peristiwa ini sering terjadi ketika terdapat daun di atas permukaan relpada musim gugur. Analisa menggunakan metode elemen hingga dilakukan untukmengetahui dampak apa yang terjadi ketika roda dengan permukaan terdapat rodabenjol berjalan di atas rel. Roda benjol memiliki titik rawan yaitu pada ujungchamfer. Pada titik ini tersebut tegangan aling tinggi terjadi Ketika kereta berjalan.Disarankan pada penelitian haruslah memperoleh hasil yang paling mendekati kondisi sebenarnya dengan menggunakan pemodelan kereta utuh.

J akarta MRT is a company engaged in transportation services. To serve the public,they are required to use safe and comfortable facilities. One of the most importantcomponents in a train is wheels. The wheels support all the weight of the train whichis then passed on to the rails. Often these wheels experience interference, one ofwhich is the appearance of a flat wheel. Flat wheel is a point on the surface of thewheel that does not follow the round shape of the wheel surface. Flat wheels areoften caused by sliding phenomena. Sliding occurs when braking locks the wheelso it cannot spin but the train is in a running state which causes friction between thewheel and the rail. This event often occurs when there are leaves on the rail surfacein the fall. Analysis using the finite element method is carried out to determine theimpact of what happens when a wheel with a surface has a flat spot running on therails. The flat wheel has a vulnerable point at the end of the chamfer. At that pointthe highest stress occurs when the train is running. It is recommended that researchshould obtain results that are close to the actual conditions by using the whole trainmodeling.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?