Faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
P enelitian ini membahas pengaruh antara laba per lembar saham, nilai buku per lembar saham, dividen per lembar saham, price earning ratio, dividend yield dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 50 perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun dari 2009-2013. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham, sedangkan variabel independen adalah laba per lembar saham, nilai buku per lembar saham, dividen per lembar saham, price earning ratio, dividend yield dan ukuran perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara laba per lembar saham, nilai buku per lembar saham, dividen per lembar saham dan price earning ratio terhadap harga saham dan tidak ada pengaruh ukuran perusahaan terhadap harga saham serta pengaruh negatif antara dividend yield terhadap harga saham. Implikasi bagi manajer untuk dapat meningkatkan harga saham adalah manajer perlu memperhatikan faktor-faktor seperti laba per lembar saham, nilai buku per lembar saham, dividen per lembar saham, price earning ratio dan dividen yield untuk meningkatkan kesejahteraan pemegang saham dan sehingga harga saham akan meningkat.
T his study discusses the effect of earnings per share, book value per share, dividend per share, price earning ratio, dividend yield and firm size to stock price at manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange. The sampling technique used is purposive sampling. The sample used is 50 companies engaged in the manufacturing industry listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for five years from 2009-2013. Dependent variable in this research is stock price, while independent variable is earnings per share, book value per share, dividend per share, price earning ratio, dividend yield and company size. The research method used is panel data regression using fixed effect model. The result shows that there is a positive influence between earnings per share, book value per share, dividend per share and price earning ratio to share price and there is no influence of firm size to stock price and negative influence between dividend yield to stock price. The implication for managers to increase stock prices is that managers need to pay attention to factors such as earnings per share, book value per share, dividend per share, price earning ratio and dividend yield to improve shareholder wealth and so share price will increase.