Pengaruh good corporate governance terhadap efektivitas masalah agensi serta nilai perusahaan
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance yaitu kepemilikan managerial, kepemilikan institusional, dan ukuran dewan direksi terhadap nilai perusahaan dan biaya keagenan yang terjadi dari tahun 2007-2010 pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan atau rancangan studi bersifat uji hipotesis. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data sekunder, berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangakan sampel ditentukan dengan metode purposive. Sampel diperoleh 292 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2007-2010 yang memiliki kepemilikan managerial, kepemilikan institusional, dan dewan direksi. Metode analisis data yang digunakan adalah panel data regresi. Hasil uji t pertama diketahui bahwa kepemilikan managerial dan institusional yang memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Untuk model kedua juga hanya kepemilikan managerial dan institusional memiliki pengaruh positif terhadap biaya keagenan yang diukur dengan tingkat perputaran aktiva. Dan pada model ketiga hanya kepemilikan managerial yang memiliki pengaruh negatif terhadap biaya keagenan yang diukur dengan beban operasi.
T he objective of this research is to analyze the influence corporate governance mechanisms is managerial ownership, institutional ownership, and board of directors to firm value and agency costs resulting from the years 2007 until 2010 by manufacture company listed on Indonesia Stock Exchange. The methods used or the design of the study is hypothesis testing. The sources of data from this study is secondary data, a manufacturing company’s financial statements listed on Indonesia Stock Exchange, while the sample is determined by the method of purposive. Samples obtained 292 manufacturing companies listed on the Stock Exchange in the year 2007-2010 which has managerial ownership,institutional ownership, and board of directors. Data analysis method used is a panel data regression. T test results of the first known that managerial and institutional ownership has positive effect on firm value. For the second model is also only the managerial and institutional ownership has a positive influence on agency costs as measured by asset turnover. And the third model only managerial ownership has a negative effect on agency costs as measured by operating expenses.