Model pendukung keputusan pemasaran menggunakan Fuzzy Inference System (studi kasus : toko online)
P Perkembangan pengguna Internet dunia dan Asia memberikan peluang besar dalam mengembangkan Ecommerce di Indonesia, sehingga bermunculan Toko Online. Melalui penelitian pendahuluan berupa kuesioner dan wawancara didapatkan bahwa Toko Online selain dihadapkan dengan persaingan dengan sesama Toko Online sering harus berhadapan dengan Kondisi lingkungan, Nilai kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat serta Kondisi Pasokan atau pemasok dalam menyediakan barang. Untuk mendukung pelaku Toko Online dalam pengambilan keputusan dirancang sebuah model menggunakan metode Fuzzy Inference System dengan tipe Mamdani karena bersifat intuitif dan sangat cocok untuk diberikan pengetahuan pakar, model dirancang menggunakan piranti funak MATLAB, dan sebagai input akan digunakan Kondisi Stok, Prediksi permintaan berdasarkan data historis, Kondisi Nilai Kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat dan Kondisi Pasokan, kemudian untuk keluaran akan dihasilkan kebijakan Menambah barang, Kebijakan Promosi, Kebijakan Kontrak dengan Supplier lain dan Kebijakan Penyesuaian Harga, untuk aturan yang digunakan adalah If then rules. Model yang dihasilkan diverifikasi dan divalidasi dibantu oleh pelaku Toko Online "lkelashop", proses verifikasi menguji apakah aturan yang diberikan memberikan keluaran sesuai dengan yang diinginkan, untuk validasi menggunakan pengujian Extreme Combination Test menggunakan kombinasi ekstrim pada setiap kondisi, Face Validity dibantu pakar akan memvalidasi hasil dari uji kombinasi ekstrim, dan Turing Test dengan membandingkan keluaran model dengan keputusan pakar. Hasil yang dicapai adalah dua buah model pendukung keputusan pemasaran, Model Kritis yang dipengaruhi oleh nilai kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dan Model Tidak Kritis yang tidak dipengaruhi oleh nilai Kurs, telah terverifikasi dan tervalidasi.
T The development of world and Asian Internet users provides great opportunities in developing E-commerce in Indonesia, so that online stores have sprung up. Through preliminary research in the form of questionnaires and interviews, it was found that in addition to being faced with competition from fellow online stores, online stores often have to deal with environmental conditions, the exchange rate of the Rupiah against the United States Dollar and the condition of supply or suppliers in providing goods. To support Online Store actors in making decisions, a model is designed using the Fuzzy Inference System method with the Mamdani type because it is intuitive and very suitable for giving expert knowledge, the model is designed using the MATLAB software, and as input will be used Stock Conditions, Prediction of demand based on historical data , Conditions of the Rupiah Exchange Rate against the United States Dollar and Supply Conditions, then for the output will be generated Adding goods policy, Promotion Policy, Contract Policy with other Suppliers and Price Adjustment Policy, for the rules used are If then rules. The resulting model is verified and validated assisted by the "lclasshop" Online Store actors, the verification process tests whether the given rules provide the desired output, for validation using the Extreme Combination Test using extreme combinations in each condition, Face Validity assisted by experts will validate the results from the extreme combination test, and the Turing Test by comparing the model output with expert decisions. The results achieved are two marketing decision support models, the Critical Model which is influenced by the value of the rupiah exchange rate against the United States dollar and the Non-Critical Model which is not influenced by the exchange rate, have been verified and validated.