DETAIL KOLEKSI

Pengukuran dan analisa strategi bersaing didalam industri Manufaktur (studi kasus : PT.Yanmar Diesel Indonesia)


Oleh : Drajat Indrajaya

Info Katalog

Subyek : Strategic planning;Manufacturing industries

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daehani

Kata Kunci : internal-external factors, business competition, market segmentation, swot.

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2009_TS_MTI_163060002_Halaman-Judul.pdf
2. 2009_TS_MTI_163060002_Lembar-Pengesahan.pdf 2
3. 2009_TS_MTI_163060002_Bab-1_Pendahuluan.pdf 9
4. 2009_TS_MTI_163060002_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 22
5. 2009_TS_MTI_163060002_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf -1
6. 2009_TS_MTI_163060002_Bab-4_Analisis-Permasalahandan-Hasil-Penelitian.pdf -1
7. 2009_TS_MTI_163060002_Bab-5_Kesimpulan-dan-saran.pdf
8. 2009_TS_MTI_163060002_Lampiran.pdf

K Ketatnya persaingan bisnis, perubahan selera konsumen, seta perubahan sosial ekonomi memunculkan berbagai tantangan dan peluang dalam bisnis. PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) merupakan industri manufakturing dengan kapasitas produksi 30.000 unit per tahun mempunyai hams mempunyai strategi yang jelas dan tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin kompleks. Harga produk yang mahal, kesalahan operator dalam memproses permesinan produk dan semakin sempitnya pemasaran produk mesin diesel dikarenakan adanya pemain ban' (dalam hal ini adalah produk China) adalah beberapa faktor internal dan eksternal yang harus diukur dan dianalisa agar dapat menciptakan suatu strategi yang berguna bagi kelangsungan hidup perusahaan. Setelah dilakukan penelitan dapat diketahui bahwa Total skor matriks IFE sebesar 3.632 dan matriks EFE sebesar 2.937. Kedua faktor tersebut digabungkan pada matriks IFE-EFE yang terdiri dan 9 sel. Skor IFE pada sumbu X dan skor total EFE berada pada sumbu Y. Berdasarkan matrik internal dan eksternal, posisi tersebut adalah stabil. Stabilitas dalam hal ini adalah produk Yanmar saat ini masih mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar mesin diesel Indonesia. Namun bukan berarti PT Yanmar Diesel Indonesia tetap pada posisi tersebut, dikarenakan menurut visi dan mini perusahaan, PT Yanmar Diesel Indonesia hams terus memperluas segmentasi pasar mesin diesel terutama mesin diesel dengan tenaga 30PK, sehingga arah PT. Yanmar Diesel Indonesia, menurut matrik internal dan eksternal yang diimplementasikan oleh matrik SWOT, hams mampu menuju ke posisi yang lebih tinggi, yaitu pertumbuhan, untuk meraih market leader untuk pemasaran mesin diesel di Indonesia.

T Tight business competition, changes in consumer tastes, and socio-economic changes raise various challenges and opportunities in business. PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) is a manufacturing industry with a production capacity of 30,000 units per year and must have a clear and precise strategy to face increasingly complex competition. High product prices, operator errors in processing product machinery and the increasingly narrow marketing of diesel engine products due to tire players (in this case are Chinese products) are some of the internal and external factors that must be measured and analyzed in order to create a strategy that is useful for company survival. After doing the research, it can be seen that the total score of the IFE matrix is ​​3,632 and the EFE matrix is ​​2,937. The two factors were combined in an IFE-EFE matrix consisting of 9 cells. The IFE score is on the X axis and the total EFE score is on the Y axis. Based on the internal and external metrics, the position is stable. Stability in this case is that Yanmar's products are still able to meet the needs of the Indonesian diesel engine market. However, that does not mean that PT Yanmar Diesel Indonesia remains in that position, because according to the company's vision and mini, PT Yanmar Diesel Indonesia must continue to expand the diesel engine market segmentation, especially diesel engines with 30PK power, so that the direction of PT. Yanmar Diesel Indonesia, according to the internal and external metrics implemented by the SWOT matrix, must be able to move to a higher position, namely growth, to reach the market leader for marketing diesel engines in Indonesia.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?