Pelaksanaan corporate social responsibility terhadap employee satisfaction yang dimediasi organizationa l image pada karyawan yang bekerja pada PT. Sucofindo (Persero)
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh pelaksanaan Corporate Social Responsibility terhadap Employee Satisfaction yang dimediasi oleh Organizational Image. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility, variabel intervening dalam penelitian ini adalah Organizational Image, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Employee Satisfaction. Jumlah karyawan yang ada di perusahaan PT.Sucofindo berjumlah 100 orang. Metode penarikan data menggunakan penarikan sampel yang bersifat subyektif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hypothesis testing dengan structural equation model (SEM) sebagai alat analisisnya.Hasil temuannya adalah Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Employee Satisfaction dengan nilai estimasi sebesar 0.241, Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Organizational Image dengan nilai estimasi sebesar 0.857, Organizational Image berpengaruh positif terhadap Employee Satisfaction dengan nilai estimasi 0.621, dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Employee Satisfaction yang dimediasi oleh Organizational Image dengan nilai estimasi 0.299.Saran untuk penelitian lebih lanjut agar menambahkan beberapa variabel dan penelitian dilakukan di sector jasa lainnya.
T his study aims to identify and measure the impact of Corporate Social Responsibility of the Employee Satisfaction mediated by Organizational Image. The independent variables in this study is Corporate Social Responsibility, an intervening variable in this study is the Organizational Image, while the dependent variable in this study is the Employee Satisfaction. The number of employees in the company PT.Sucofindo of 100 people. The method by which the data using sampling is subjective. The design of the study is hypothesis testing with structural equation modeling (SEM) as a tool of analysis.The findings are Corporate Social Responsibility positive effect on Employee Satisfaction with the estimated value of 0241, the Corporate Social Responsibility positive effect on Organizational Image with the estimated value of 0857, Organizational Image positive effect on Employee Satisfaction with the estimated value of 0621, and Corporate Social Responsibility positive effect on Employee Satisfaction mediated by Organizational Image with estimated value of 0.299.Suggestions for further research in order to add some variables and research carried out in other service sectors.