Pengaruh informasi keuangan dan non keuangan terhadap nilai perusahaan
N ilai perusahaan sangat penting bagi investor. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar pengaruh informasi keuangan dan non keuangan terhadap nilai perusahaan. Hal ini untuk memahami karakteristik suatu informasi keuangan dan non keuangan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sehingga kedepannya perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan lebih memperhatikan indikator yang memiliki pengaruh signifikan tersebut untuk meningkatkan nilai perusahaan. Data yang dianalisis adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan melihat laporan keuangan perusahaan dan dengan menyebarkan kuisioner. Responden pada penelitian ini yaitu Perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016, karyawan perusahaan manufaktur, serta pelanggan yang dipilih random dari masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, DER, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan DPR dan kepuasan karyawan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.
C orporate value is very important for investors. Therefore the purpose of this study is to test how much influence of financial and non financial information to the value of the company. This is to understand the characteristics of a financial and non financial information that has a significant influence on the value of the company, so the future company can improve the performance of the company and more attention to indicators that have a significant influence to improve the value of the company. The data analyzed is quantitative and qualitative data by looking at the company's financial statements and by distributing questionnaires. Respondents in this research are Manufacturing Companies food and beverage sub sector listed on Indonesia Stock Exchange 2016, employees of manufacturing companies, and customers selected random from the community. The results of this study indicate that ROA, DER, and customer satisfaction have a positive influence on firm value. While the DPR and employee satisfaction have no influence on the value of the company.