Pengaruh berbagi pengetahuan dan oportunisme terhadap kualitas produk pada PT. Metindo Era Sakti
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagi pengetahuan dan oportunisme terhadap kualitas produk pada PT. Metindo Era Sakti. Variabel independen dalam penelitian ini adalah berbagi pengetahuan dan oportunisme. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kualitas produk. Metode pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan produksi 40 kuesioner dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hypothesis testing. Sedangkan alat analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan software SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial, variabel berbagi pengetahuan berpengaruh terhadap kualitas produk. Variabel oportunisme tidak berpengaruh terhadap kualitas produk. Sedangkan secara smultan berbagi pengetahuan dan oportunisme secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas produk.
T his study aims to determine the effect of sharing knowledge and opportunism on the quality of the product on the PT. Metindo Era Way. The independent variables in this study is to share knowledge and opportunism. While the dependent variable used is the quality of the product. Data were collected by field studies and literature. Field studies by distributing questionnaires to employees 40 production questionnaire with purposive sampling technique. The design of the study is hypothesis testing. While the analysis tool used is multiple linear regression with SPSS software version 21.0. The study concluded that the partial, variable share knowledge affects the quality of the product. Variable opportunism does not affect the quality of the product. While the smultan share knowledge and opportunism jointly affect the quality of the product.