Perancangan model pengukuran kinerja menggunakan human resources scorecard di PT. Rempoa Indonesia Teknologi
P PT. Rempoa Indonesia Teknologi adalah perusahaan yang bergerak di bidang bergerak jasa teknologi yang berdiri untuk memberikan solusi dalam bidang telekomunikasi. Perusahaan ini menawarkan kerja sama dalam berbagai bidang dengan perusahaan nasional maupun instansi pemerintah sesuai pekerjaan di perusahaan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil pengukuran kinerja dan merancang model pengukuran kinerja pada departemen HR PT. Rempoa Indonesia Teknologi. Langkah awal penelitian ini adalah merancang strategi Human Resources Scorecard (HRSC) melalui metode Balanced Scorecard dengan melakukan analisis SWOT untuk mendapatkan tujuh tujuan strategis dari empat perspektif, yaitu: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Langkah selanjutnya adalah menurunkannya ke dalam HRSC yang didalamnya terdapat KPI untuk dijadikan parameter dalam mengukur kinerja karyawan departemen HR PT. Rempoa Indonesia Teknologi. Hasil pengukuran kinerja terhadap perspektif keuangan mendapatkan nilai 1, pada perspektif pelanggan mendapatkan nilai 0.917, pada perspektif proses bisnis internal mendapatkan nilai 0.852, dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mendapatkan nilai 1. Nilai dari keempat perspektif tersebut digabungkan dan mendapatkan nilai sebesar 3.769 sehingga kinerja departemen HR PT. Rempoa Indonesia Teknologi masuk dalam kategori “Baik†berdasarkan skala likert
P PT. Rempoa Indonesia Teknologi adalah perusahaan yang bergerak di PT. Rempoa Indonesia Teknologi is a company engaged in the field of technology services to provide solutions in the telecommunication sector. This company offers cooperation in various fields with national companies and government’s agencies according to work in the company. This study aims to obtain a performance measurement model design and obtain performance measurement results in the HR department of PT. Rempoa Indonesia Technology. The initial step of this research was to design a Human Resources Scorecard (HRSC) strategy through the Balanced Scorecard method by conducting a SWOT analysis to obtain seven strategic objectives from four perspectives, namely: finance, customers, internal business processes, learning and growth. The next step was to lower it into the HRSC in which there are KPIs to be used as parameters in measuring the performance of employees in the HR department of PT. Rempoa Indonesia Technology. The results of performance measurement on the financial perspective got a value of 1, on the customer perspective got a value of 0.917, on the internal business process perspective got a value of 0.852, and on the learning and growth perspective got a value of 1. The scores from the four perspectives are combined and the result was 3.769 so that the performance of the department HR PT. Rempoa Indonesia Teknologi was included in the “Good†category based on a Likert scale.