DETAIL KOLEKSI

Pengaruh perceived interactivity terhadap impulse buying tendercy dalam perdagangan live streaming melalui peran immersion kepuasan pengguna dan purchase intention.


Oleh : Serafina Dyah Kartika Fajar Pratiwi

Info Katalog

Subyek : Electronic commerce;Impulse buying

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Willy Arafah

Kata Kunci : immersion, impulse buying tendency, user satisfaction, purchase intention, perceived interactivity,

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TS_MMJ_122012201077_Halaman-Judul.pdf
2. 2024_TS_MMJ_122012201077_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_TS_MMJ_122012201077_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 56
4. 2024_TS_MMJ_122012201077_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_TS_MMJ_122012201077_Lembar-Pengesahan.pdf 4
6. 2024_TS_MMJ_122012201077_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_TS_MMJ_122012201077_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf
8. 2024_TS_MMJ_122012201077_Bab-1.pdf
9. 2024_TS_MMJ_122012201077_Bab-2.pdf
10. 2024_TS_MMJ_122012201077_Bab-3.pdf
11. 2024_TS_MMJ_122012201077_Bab-4.pdf
12. 2024_TS_MMJ_122012201077_Bab-5.pdf
13. 2024_TS_MMJ_122012201077_Daftar-Pustaka.pdf 7
14. 2024_TS_MMJ_122012201077_Lampiran.pdf

I Indonesia pada tahun 2022 menempati posisi teratas di pasar Asia Tenggara dalam ekonomi digital dan memberikan kontribusi enam persen dari total produk domestik bruto. Lonjakan berbelanja melalui live streaming yang terjadi secara global, mempengaruhi perubahan perilaku konsumen Indonesia. Konsumen Indonesia diketahui memiliki tendensi untuk melakukan pembelian impulsive. Pertumbuhan live streaming meningkatkan persaingan ketat antar perusahaan dan merek yang melakukan perdagangan pada platform e-commerce melalui live streaming. Perusahan penyedia jasa live streaming dan penjual dalam live streaming berlomba untuk mengambil peluang, menjadikan sesi live mereka menjadi yang paling interaktif, dengan tujuan untuk saling merebut konsumen pengguna live streaming dan meningkatkan tendensi impulse buying yang tercipta di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi sejauh mana interaksi dan komunikasi yang dilakukan dalam suatu perusahaan atau merek pada saat live streaming, dinilai efektif dalam perdagangan live streaming dan dapat mempengaruhi konsumen untuk memiliki kecenderungan pembelian impulsif melalui perananan immersion, perceived usefulness, perceived enjoyment dan purchase intention di dalamnya. Pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan 266 sampel. Hasil dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara perceived interactivity dengan immersion, immersion dengan perceived usefulness dan enjoyment, serta purchase intention dengan impulse buying tendency, namun immersion dan purchase enjoyment tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini memiliki manfaat terhadap perusahaan platform e-commerce sebagai penyedia perdagangan live streaming dan merek atau pedagang yang melakukan perdagangan melalui live streaming untuk melihat berbagai variabel yang menjadikan sesi live streaming menjadi yang paling interaktif, dengan tujuan untuk dapat merebut konsumen pengguna live streaming dan meningkatkan tendensi impulse buying konsumen saat menonton sesi live streaming.

I In 2022, Indonesia led the Southeast Asian market in the digital economy, contributing six percent of the total GDP. The global surge in live streaming shopping influenced Indonesian consumer behaviour, known for their impulsive buying tendencies. The growth of live streaming intensified competition among companies and brands trading on e-commerce platforms via live streaming. Providers and sellers raced to create the most interactive live sessions to attract live streaming users and increase impulse buying tendencies. This study aims to explore how interaction and communication during live streaming within a company or brand are effective in live streaming trade and can influence consumers towards impulsive purchases through immersion, perceived usefulness, perceived enjoyment, and purchase intention. This research utilized non-probability sampling through purposive sampling techniques. Data was analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) with a sample size of 266. Results show a positive influence between perceived interactivity and immersion, immersion and perceived usefulness and enjoyment, as well as purchase intention and impulse buying tendency, while immersion and purchase enjoyment did not affect purchase intention. This study benefits e-commerce companies as live streaming trade providers and brands or merchants trading through live streaming by identifying the variables that make live sessions most interactive, aiming to capture live streaming users and increase consumer impulse buying tendencies during live streaming sessions.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?