Pengaruh elektronic word of mouth (EWOM) pada Shopee Indonesia terhadap purchase intention
P Permasalahan dalam penelitian ini adalah semakin ketatnya persaingan antar industri e-commerce yang menyebabkan konsumen dengan mudah beralih ke e-commerce lain. Dalam kondisi yang demikian, e-commerce harus dapat memberikan citra yang baik kepada pelanggan agar dapat memberikan penawaran terbaik yang akan menyebabkan pelanggan memiliki niat untuk membeli barang pada aplikasi e-commerce tersebut. Selain itu juga untuk mempelajari pengaruh online reviews, social e-WOM, Brand Attitudes, Brand Image dan Purchase Intention.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh EWOM terhadap niat beli melalui mediasi citra Merek dan sikap Merek.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan survei online yang disebarkan di media sosial dan whatsapp. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee Indonesia. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 236 orang yang mengisi kuesioner dengan metode skala likert. Hasil angket diolah menggunakan PLS-SEM dengan SEM PLS.Temuan dan kontribusi penelitian ini menunjukkan bahwa EWOM memang mempengaruhi Niat Membeli, memiliki nilai yang lebih tinggi jika dimediasi oleh Citra Merek. Sedangkan EWOM tidak berpengaruh signifikan jika dimediasi oleh Brand attitude.Batasan dalam penelitian ini adalah usia responden yang rata-rata berusia antara 19 hingga 34 tahun, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh EWOM pada usia 34 tahun ke atas. Implikasi dari penelitian ini adalah masukan bagi manajemen dalam industri e-commerce, dalam penelitian ini Shopee Indonesia terus melakukan evaluasi terhadap citra mereka guna terciptanya niat beli dalam penerapannya. Penelitian ini juga melengkapi penelitian sebelumnya dengan menganalisis pengaruh EWOM terhadap niat beli pelanggan.
T The problem in this study is the increasingly intense competition between the e-commerce industry which causes consumers to easily switch to other e-commerce. In such conditions, e-commerce must be able to provide a good image to customers to be able to provide the best offer that will cause customers to have the intention to buy goods in the e-commerce application. In addition, to study the influence of online reviews, social e-WOM, Brand Attitudes, Brand Image and Purchase Intention.The purpose of this study was to examine the effect of EWOM on purchase intention through mediation by Brand image and Brand attitude.The methodology used in this research uses quantitative methods and online survey distributed on social media and whatsapp. The population in this study are Shopee Indonesia user apps. The number of respondents in this study were 236 people who filled the questionnaire with likert scale method. The result of the questionnaire were processed using PLS-SEM with SEM PLS.The findings and contributions of this study indicate that EWOM does affect Purchase Intentions, having a higher value when mediated by Brand image. Meanwhile, EWOM has no significant effect if it is mediated by Brand attitude.The limitation in this study is the age of the respondents who, on average, are between 19 and 34 years old, so further research is needed on the effect of EWOM at the age of 34 years and over. The implication of this research is input for management in the e-commerce industry, in this study Shopee Indonesia continues to evaluate their image in order to create purchase intention in its application. This study also complements previous research by analyzing the effect of EWOM