DETAIL KOLEKSI

Perbedaan pengetahuan pemeliharaan kebersihan mulut sebelum dan setelah pendidikan kesehatan gigi metode demonstrasi dan video: Kajian pada siswa kelas 7 smp holy faithful obedient depok


Oleh : Gracia Aureli Margono

Info Katalog

Nomor Panggil : 614 GRA p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Sri Lestari

Pembimbing 2 : Caesary Cloudya Panjaitan

Subyek : Public health

Kata Kunci : DHE, demonstration, video

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TA_SKG_040002000039_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2024_TA_SKG_040002000039_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 9
5. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-3_Kerangka-teori,-kerangka-konsep,-hipotesis.pdf 2
6. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf 6
7. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf 9
8. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-6_Pembahasan.pdf 6
9. 2024_TA_SKG_040002000039_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 1
10. 2024_TA_SKG_040002000039_Daftar-Pustaka.pdf 9
11. 2024_TA_SKG_040002000039_Lampiran.pdf 15

L Latar belakang: Kesehatan gigi dan mulut masih menjadi masalah khususnyapada kelompok remaja. Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018sebanyak 55,6% remaja usia 10-14 tahun mengalami penyakit gigi dan mulut,serta memiliki perilaku pemeliharaan kebersihan mulut yang masih rendah. Salahsatu cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara pemeliharaan kebersihanmulut adalah melalui Pendidikan Kesehatan Gigi (PKG). Tujuan: Untukmengetahui perbedaan pengetahuan pemeliharaan kebersihan mulut sebelum dansetelah PKG menggunakan metode demonstrasi dan video. Metode: Jenispenelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan potong silang. Penelitiandilakukan dengan pemberian PKG pada 39 siswa kelas 7 SMP Holy FaithfulObedient Depok. Pada kelas 7A diberikan PKG dengan metode demonstrasi danpada 7B diberikan PKG dengan metode video. Pengetahuan di ukur dengankuesioner pretest (sebelum PKG) dan posttest (21 hari setelah PKG) sebanyak 19pertanyaan mengenai pemeliharaan kebersihan mulut. Siswa mengisi InformedConsent dan kuesioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil jawabankuesioner, pengetahuan siswa dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu baik,cukup, dan kurang. Hasil: Tingkat pengetahuan sebelum dan setelah PKG denganmetode demonstrasi dari kategori baik (0%) menjadi (42,11%). Tingkatpengetahuan sebelum dilakukan PKG dengan metode video dari kategori baik(0%) menjadi kategori baik (63%). Hasil uji Wilcoxon pengetahuan sebelum dansetelah PKG dengan kedua metode didapatkan nilai p = 0,000 (<0,05) dan hasiluji t tidak berpasangan metode demonstrasi dan video didapatkan nilai p = 0,239(>0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan pemeliharaan kebersihanmulut sebelum dan setelah PKG metode demonstrasi dan video, namun tidak adaperbedaan yang signifikan diantara kedua metode.

B Background: Oral health remains a concern, especially among the adolescentpopulation. The results of the Basic Health Research (Riskesdas) 2018, 55.6% ofadolescents (10-14) years experienced dental and oral health issues and exhibitedlow oral hygiene maintenance behavior. Dental Health Education (DHE) is crucialfor improving knowledge in this regard. Objective: To evaluate the impact ofDHE using demonstration and video methods on oral hygiene knowledge among7th-grade students at Holy Faithful Obedient Junior High School in Depok.Method: The research is a quasi-experimental study with a cross sectional design.DHE to 7th grade students at HFO JHS in Depok, class 7A using demonstrationwhile in class 7B using video. Knowledge was measured with a pretest (beforePKG) and posttest (21 days after DHE) by 19 questions about oral hygienemaintenance. Students gave consent and completed Google Form questionnaires,categorized as good, sufficient, or insufficient knowledge levels. Result: Theknowledge before and after DHE with the demonstration method increased fromthe good category (0%) to (42.11%). Meanwhile, the knowledge level beforeDHE with the video method increased from the good category (0%) to (63%). TheWilcoxon test results for knowledge before and after DHE with both methodsyielded a p-value of 0.000 (<0.05), and the independent t-test results for bothmethods showed a p-value of 0.239 (>0.05). Conclusion: Knowledge of oralhygiene improved after DHE using both demonstration and video methods.However, there was no significant difference between the two methods.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?