DETAIL KOLEKSI

Perancangan model bisnis produk board game sebagai media pembelajaran peduli lingkungan pada anak sekolah dasar


Oleh : Ayuning Purnama

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Tiena Gustina Amran

Pembimbing 2 : Amelia SAri

Subyek : Business enterprises--Environmental aspects;Board game industry

Kata Kunci : board game, environmental care, design thinking, blue oceans strategy, business feasibility.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STI_063001900044_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_STI_063001900044_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_STI_063001900044_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_STI_063001900044_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_STI_063001900044_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_STI_063001900044_Bab-4_Pembahasaan.pdf
7. 2023_TA_STI_063001900044_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2023_TA_STI_063001900044_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_STI_063001900044_Lampiran.pdf

S Saat ini lingkungan merupakan salah satu masalah besar yang menjadi perhatian kita. Fenomena ketidakpedulian terhadap lingkungan memberikan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Salah satu upaya mencegah kerusakan lingkungan yaitu memberikan pendidikan lingkungan hidup pada anak Sekolah Dasar. Melalui pengamatan yang telah dilakukan terdapat pemicu ketidakpedulian anak terhadap lingkungan diantaranya kesulitan menumbuhan motivasi agar peduli terhadap lingkungan dan kurang efektifnya media pembelajaran dalam memberikan pengertian tentang lingkungan. Tujuan dari penelitian ini menciptakan media pembelajaran tambahan berupa board game yang dapat meningkatkan kepedulian lingkungan. Perancangan model bisnis ini menggunakan metode design thinking, value proposition, lean canvas, blue oceans strategy, uji validasi, dan uji kelayakan bisnis. Design thinking bertujuan untuk membantu memahami permasalahan dan keinginan anak usia 7-12 tahun terkait kepedulian lingkungan. Value proposition canvas bertujuan untuk menawarkan rancangan board game dengan tema peduli lingkungan agar membantu anak Sekolah Dasar dalam memahami lingkungan sekitar dan meningkat semangat belajar lingkungan. Blue oceans strategy bertujuan untuk menciptakan inovasi produk yang berbeda dari pesaing mencakup kesesuaian aspek pendidikan dan kesesuaian dengan pelajaran anak Sekolah Dasar. validasi menunjukkan sekitar 79,8% responden setuju dengan rancangan konsep board game. Uji kelayakan bisnis menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh sebesar 5,100,000,- per bulan. BEP unit sebesar 6,39 dan payback period sebesar 0,51 bulan.

C Currently, the environment is one of the major problems that concern us. The phenomenon of indifference to the environment has a negative impact on human life. One of the efforts to prevent environmental damage is to provide environmental education to elementary school children. Through observations that have been made, there are triggers for children's indifference to the environment, including difficulties in growing motivation to care about the environment and the lack of effective learning media in providing understanding of the environment. The purpose of this research is to create additional learning media in the form of board games that can increase environmental awareness. This business model design uses design thinking, value proposition, lean canvas, blue oceans strategy, validation test, and business feasibility test methods. Design thinking aims to help understand the problems and desires of children aged 7-12 years related to environmental awareness. The value proposition canvas aims to offer a board game design with the theme of environmental care to help elementary school children understand the surrounding environment and increase the enthusiasm for environmental learning. Blue oceans strategy aims to create product innovations that are different from competitors including the suitability of educational aspects and suitability for elementary school children's lessons. validation shows that about 79.8% of respondents agree with the board game concept design. The business feasibility test shows that the profit earned is 5,100,000 per month. BEP unit amounted to 6,39 and payback period amounted to 0,51 months.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?