Proses pembentukan tim dalam suatu organisasi pelayanan kesehatan
P Program pelayanan kesehatan dilaksanakan melalui suatu organisasi kesehatan.Organisasi kesehatan tersebut terdiri dari individu-individu yang memilikikarakteristik yang berbeda dan memerlukan kerja sama yang baik untuk mencapaitujuan organisasi. Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui cara membentuksuatu tim dalam organisasi pelayanan kesehatan. Kerja sama yang baik hanya dapatdimiliki oleh suatu organisasi yang dibentuk melalui proses pembentukan tim. Olehkarena itu dalam pembentukan suatu tim, diperlukan beberapa faktor, seperti: berbagivisi, saling mempercayai antar anggota, membangun harapan dan pedoman,keterampilan dalam komunikasi dan pemecahan konflik, sistem berpikir dankepemimpinan, menghargai setiap perbedaan, memperbaiki diri dan pengakuan, sertamengajarkan anggota tim lainnya. Dengan adanya proses pembentukan tim ,keterampilan yang diharapkan akan muncul dari setiap anggota adalah : keterbukaanpikiran, stabilitas emosi, akuntabilitas, keterampilan dalam menyelesaikan masalah,keterampilan dalam berkomunikasi, dan rasa saling percaya. Di dalam prosespembentukan tim tersebut, para anggota dapat mengalami berbagai konflik. Jika suatuorganisasi terdiri dari tim yang solid, maka organisasi tersebut akan berjalan denganbaik dan dapat mengurangi terjadinya konflik.
H Health care program is implemented by a health organization. The healthorganization is composed of individuals who have different characteristics andrequires good cooperation to achieve organizational goals. The purpose of this thesisis to know how to form a team in the organization of health services. Goodcooperation can only be owned by an organization that was formed through a processof team building. There are some factors needed in forming a team, such as: visionsharing, mutual trust between members, building hope and guidance, skills incommunication and conflict resolution, system thinking and leadership, valuing eachdifference, improving ourselves and recognition, as well as teaching other teammembers. With the process of team building, skills that are expected to emerge fromeach member is: open-mindedness, emotional stability, accountability, skills inproblem solving, skills in communication, and mutual trust. In the process ofestablishing these teams, members can experience a variety of conflicts. If anorganization consists of a solid team, the organization will run well and can reducethe occurrence of conflict.