Hubungan mutu pelayanan kesehatan dan persepsi masyarakat di Puskesmas Tanjung Puri Kecamatan Sintang
K Kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dari tingkat kesehatan masyarakatnya. Di Indonesia terdapat suatu sarana pelayanan kesehatan yang menjangkau seluruh kalangan masyarakat yaitu puskesmas yang juga merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan. Penilaian mutu pelayanan puskesmas didapatkan dari persepsi pasien. Persepsi yang baik akan menimbulkan penilaian yang positif terhadap pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dan persepsi masyarakat di Puskesmas Tanjung Puri Kecamatan Sintang. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian potong lintang (cross sectional study). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 61 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik korelasi spearman. Hasil penelitian didapatkan nilai p sebesar 0,000 (p= 0,000 < 0,05) dan correlation coeffisient sebesar 1,000, maka dapat disimpulkanbahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanl:l:Il kesehatan dengan persepsi masyarakat.
T The safety of a nation can be seen from the level of public health. In Indonesia was a health service facilities that span the entire society, namely health centers that also is spearheading to the health service. Rate the quality of health center services obtained from the patient's perception. The good of perception service would pose a very positive assessment of the health. The aims of this study are to determine the relationship of health care quality and public perception in Puskesmas Tanjung Puri District of Sintang. Type of this research is observational analytic with cross sectional study design. The number of samples in this study were 61 people. The data collection is done by using a questionnaire. Data were analyzed using Spearman correlation statistical test. Results obtained p value of0.00 (p value = 0.000 <0.05) and correlation coeffisient of 1,000, it can be concluded that there is a significant relationship between the quality of health services to the public perception.