Hubungan antara Kualitas Layanan Kesehatan dan Tingkat Kepercayaan Masyarakat di Puskesmas Kecamatan Kalideres
B Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 46 tahun 2015, Pusat KesehatanMasyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yangmenyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan pada tingkatpertama. Puskesmas menjadi pusat layanan dan penting di Indonesia karenamerupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di negara ini untuk menjangkaumasyarakat di seluruh penjuru daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikeberhasilan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas dan kepercayaanmasyarakat terhadap kualitas layanan kesehatan di puskesmas.METODEMerupakan penelitian studi analitik observasional dengan pendekatan crosssectional.Instrumen penelitian berbentuk kuesioner yang dibagikan pada 98 subyekyang merupakan masyarakat yang berobat di Puskesmas Kalideres. Pengambilansampel dilakukan dengan cara consecutive sampling pada tahun 2022.HASILHasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis bivariat uji statistik Chi squaredidapatkan nilai p= 0,041 dimana nilai p lebih kecil dibandingkan nilai kemaknaan5% (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitaspelayanan dengan kepercayaan.KESIMPULANKualitas layanan kesehatan berhubungan dengan kepercayaan masyarakat diPuskesmas Kecamatan Kalideres dengan hasil p= 0,041(p<0,05).KATA KUNCIPuskesmas, pelayanan kesehatan, kepercayaan masyarakat, kualitas layanankesehatan
B Based on Minister of Health Regulation number 46 of 2015, Community HealthCenters (Puskesmas) are health service facilities that carry out community andindividual health efforts at the first level. Puskesmas prioritize promotive andpreventive efforts to achieve the highest degree of public health in their workingarea. Puskesmas is a service center and is important in Indonesia because it is thespearhead of health services in this country to reach people in all corners of theregion. This study aims to determine the success of health services at the puskesmaslevel and the public's trust in the quality of health services at the puskesmas.METHODThis is an observational analytic study with a cross-sectional approach. Theresearch instrument was in the form of a questionnaire which was distributed to 98subjects who were members of the public who were treated at the Kalideres HealthCenter. Sampling was carried out by consecutive sampling in 2022.RESULTThe results of this study indicate that the bivariate analysis of the Chi squarestatistical test obtained a p value = 0.041 where the p value is smaller than thesignificance value of 5% (p <0.05) so it can be concluded that there is a relationshipbetween service quality and trust.CONCLUSIONThe quality of health services is related to community trust in the Kalideres DistrictHealth Center with the result p = 0.041 (p <0.05).