Semiotika film pada iklan televisi : analisis semiotika terhadap iklan televisi bekas jadi berkah
D Dalam sebuah iklan terkadang terdapat makna yang disajikan tidak lugas.Iklan OLX.co.id yang bertajuk “Bekas jadi berkahâ€,memiliki berdurasi 2 menit 1detik dan menampilkan tokoh utama seorang pemuda dan ibunya. Iklan inipertama kali ditayangkan pada saat bulan puasa tahun 2014. SEMIOTIKAFILM PADA IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAPIKLAN TELEVISI BEKAS JADI BERKAH) menelaah hubungan peletakankamera (angle) dalam mempengaruhi pesan yang disampaikan oleh sebuah TVCdan bagaimana sinematografi digunakan sebagai retorika visual.Kajian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis semiotikafilm. Data TVC OLX.co.id BEKAS JADI BERKAH dikelompokan menjadi 4struktur, yaitu Struktur Visual, Struktur Verbal ( Bahasa, Karakter, Setting,Waktu), Struktur Naratif dan Struktur Audio. Dianalisis secara diakronik denganmenggunakan pandangan signifier (penanda) dan signified (petanda).Penelitian ini mengungkapkan makna-makna yang terkandung pada TVCOLX.co.id BEKAS JADI BERKAH. Dengan menggunakan salah satu teoriFerdinand Saussure, TVC yang menjadi bahan kajian penulis diuraikan peradegan. Teori yang dipakai yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda) untukmencari makna-makna di setiap adegan pada TVC yang menjadi bahan kajian ini Disajikan melalui tabel dan juga berupa paragraf sehingga pembaca dapatmengikuti proses analisa yang telah dilakukan oleh peneliti.Melalui analisa yang telah dilakukan oleh peneliti, telah ditemukankesimpulan secara komprehensif. Kesimpulan pertama yaitu kebiasaanmasyarakat Indonesia untuk bersedekah; kedua yaitu Agama menjadi nilai pentingdi tengah masyarakat Indonesia; ketiga yaitu makna kebahagiaan; terakhir yaituSinematografi merupakan alat Retorika yang ampuh