Kajian semiotika terhadap kemiripan visualisasi dua merek dagang terdaftar (studi kasus merek PS Glow dan merek MS Glow)
P Penelitian ini merupakan kajian kemiripan akan visualisasi dua merek dagang terdaftar, yaitu merek “PS GLOW†dan merek “MS GLOWâ€, mengunakan pendekatan semiotika peirce. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda-tanda dan makna yang terkandung di dalamnya, dan sangat relevan dalam mengungkapkan makna dalam konteks visual seperti merek dagang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggali makna dan pesan yang terkandung dalam visualisasi merek dagang yang bersengketa antara \\\"PS Glow\\\" dan \\\"MS Glow\\\". Dalam kajian ini, digunakan analisis terhadap elemen-elemen visual seperti logo (gambar), warna, tipografi, dan elemen lainnya yang mencerminkan identitas merek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berupa gambar-gambar merek \\\"PS Glow\\\" dan \\\"MS Glow\\\" yang diambil dari berbagai media dan sumber yang sah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kemiripan visualisasi atau persamaan dua desain visual pada merek dagang dan bagaimana makna dan pesan dibangun melalui elemen-elemen visual tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teori semiotika dan aplikasinya dalam bidang merek dagang, serta dapat menjadi sebuah referensi dalam memberikan keterangan dan jawaban atas asumsi persamaan dua desain visual pada merek dagang yang bersengketa.
T This research is a study of the similarity of the visualization of two registered trademarks, namely the \\\"PS GLOW\\\" brand and the \\\"MS GLOW\\\" brand, using the Peirce semiotic approach. Semiotics is the study of signs and the meanings they contain, and is particularly relevant in revealing meanings in visual contexts such as trademarks. The purpose of this study is to identify and explore the meanings and messages contained in the visualization of the disputed trademark between \\\"PS Glow\\\" and \\\"MS Glow\\\". In this study, an analysis of visual elements such as logos (images), colors, typography, and other elements that reflect brand identity is used. The research method used in this study is descriptive analysis with a qualitative approach. The data used are images of the \\\"PS Glow\\\" and \\\"MS Glow\\\" brands taken from various media and legitimate sources. The results of this research are expected to provide a deeper understanding of the similarity of visualization or similarity of two visual designs on trademarks and how meaning and messages are built through these visual elements. In addition, the results of this research can also contribute to the development of semiotic theory and its application in the field of trademarks, and can be a reference in providing information and answers to the assumptions of the similarity of two visual designs in the disputed trademarks.