Anteseden dari purchase intention : peranan celebrity endorser credibility
S Sektor pakaian olahraga mengalami daya saing dan transformasi pasca pandemi.Covid19. Tren gaya hidup konsumen Indonesia juga telah mendorong para pemainmerek. Industri pakaian olahraga tumbuh, dan persaingan meningkat. Untukbertahan dan sukses, perusahaan pakaian olahraga harus berkembang danmenghasilkan produk yang kompetitif. Di era industri 4.0, inovasi, efisiensi, danoptimalisasi proses sangat penting untuk keberlanjutan perusahaan, sepertipenggunaan data untuk memprediksi tren pasar (cybertrend-intra.com, 2019).Mendukung atlet selebriti dengan kredibilitas dan citra yang kuat adalah salah satustrategi untuk mempertahankan penjualan peralatan olahraga (von Felbert &Breuer, 2022). Sebagian besar merek pakaian dan sepatu olahraga di Indonesiatidak bekerjasama dengan atlet nasional. Kondisi ini diduga menyebabkanperbedaan brand image pada pakaian olahraga Indonesia. Merek tersebut telahmembayar biaya dukungan yang sangat besar kepada olahraga selebriti dan selebritidomestik untuk memikat pelanggan dan membangun niat membeli (Forbes, 2020).Dalam Endorser Marketing, organisasi harus memperhatikan daya tarik,pengetahuan, dan kepercayaan, yang dapat mendorong persepsi citra merek dibenak pelanggan dan meningkatkan minat pelanggan untuk membeli barang merektersebut (Wiedmann & von Mettenheim, 2020). Aspek utama juga harusmembangun kredibilitas merek yang baik dari perspektif pelanggan untukmeningkatkan citra merek (AL-Kassassbh & Salleh, 2016; Wang & Scheinbaum,2018).Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan metode non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini Pengguna merek perlengkapanolahraga karena merupakan pengagum atlet selebriti ternama. Jumlah sampel yangdiambil adalah 270 responden. Peneliti menggunakan metode analisis yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Model (SEM), denganbantuan software AMOS22.Hasil analisis menunjukan bahwa Expertise, Attractiveness, dan Trustworthinessberpengaruh positif terhadap Brand Credibility, Brand Credibility berpengaruhpositif terhadap Brand Image, dan Brand Image berpengaruh positif terhadap Purchase Intention.
T The sports apparel sector is experiencing competitiveness and post-pandemictransformation. Covid-19. Indonesian consumer lifestyle trends have alsoencouraged brand players. The sportswear industry grew, and competition rose. Tosurvive and succeed, sportswear companies must develop and produce competitiveproducts. In the industrial era 4.0, innovation, efficiency, and process optimizationare vital for firm sustainability, as is using data to predict market trends (cybertrendintra.com, 2019). Endorsing celebrity athletes with strong credibility and image isone strategy to maintain sports gear sales (von Felbert & Breuer, 2022). Mostclothing and sports shoe brands in Indonesia do not work with national athletes.This Condition purportedly causes brand image discrepancy in Indonesiansportswear. The brand has paid celebrity sports and domestic celebrities hugeendorsement fees to entice customers and build purchase intent (Forbes, 2020). InEndorser Marketing, organizations must pay attention to attractiveness, knowledge,and trustworthiness, which can drive brand image perceptions in customers'thoughts and increase customer interest in buying that brand's items (Wiedmann &von Mettenheim, 2020). The main aspects must also establish good brandcredibility from the customer's perspective to improve the brand's image (ALKassassbh& Salleh, 2016; Wang & Scheinbaum, 2018).The sampling method used in this study is to use a non-probability samplingmethod, namely the purposive sampling technique. The sample used in this studyUsers of sports gear brands because they are admirers of notable celebrity athletes.The number of samples taken was 270 respondents. Researchers used the analyticalmethod used in this study, the Structural Equation Model (SEM), with the help ofAMOS22 software.The analysis results show that expertise, Attractiveness, and Trustworthiness have a positive effect on Brand Credibility, Brand Credibility has a positive impact onBrand Image, and Brand Image has positive effect on Purchase Intention