Pengaruh strategi bisnis dan environmental disclosure terhadap nilai perusahaan
P asar modal di Indonesia selama tahun 2018 hingga 2021 telah mengalami fluktuasi.Fenomena Indeks Harga Saham Gabungan ini tentunya memiliki kaitan dengan nilaiperusahaan karena nilai yang dapat digunakan dalam perhitungan nilai perusahaanberupa nilai pasar saham perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang diprediksimempengaruhi nilai perusahaan yaitu strategi bisnis dan environmental disclosure.Strategi bisnis dalam penelitian ini terdiri dari cost leadership strategy dandifferentiation strategy. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategibisnis terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga menguji faktor lain yangdiprediksi juga mempengaruhi nilai perusahaan, yaitu environmental disclosure. Saatini masyarakat mulai menyadari terkait isu lingkungan, sehingga perusahaan perlumemperhatikan terkait environmental disclosure. Penelitian ini menggunakan datasekunder yang berupa laporan tahunan yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia(BEI) dan environmental disclosure core yang disediakan oleh Bloomberg. Data yangdigunakan adalah data perusahaan sektor Basic Materials, Consumer Non-cyclicals,Consumer Cyclicals, dan Healthcare, dan Energy selama tahun 2018-2021. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan cost leadership strategy dan differentiation strategyberpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkanbahwa environmental disclosure juga berpengaruh positif terhadap nilai perusahaaan.
T he capital market in Indonesia from 2018 to 2021 has experienced fluctuations. Thephenomenon of the Jakarta Composite Index is certainly related to company valuebecause the value that can be used in calculating company value is the market valueof the company's shares.There are several factors that are predicted to affect companyvalue, namely business strategy and environmental disclosure. The business strategyin this study consists of a cost leadership strategy and a differentiation strategy. Thisstudy aims to examine the effect of business strategy on firm value. This study alsoexamines other factors that are predicted to also affect company value, namelyenvironmental disclosure. Currently, people are starting to realize environmentalissues, so companies need to pay attention to environmental disclosure. This studyuses secondary data in the form of annual reports provided by the Indonesia StockExchange (IDX) and environmental disclosure core provided by Bloomberg. The dataused is sector company data Basic Materials, Consumer Non-cyclicals, ConsumerCyclicals, and Healthcare, dan Energy during 2018-2021. The method used in thisresearch is multiple linear regression analysis method. The results of this studyindicate that the cost leadership strategy and differentiation strategy have a positiveeffect on firm value. The results of this study also show that environmental disclosurealso has a positive effect on company value.