DETAIL KOLEKSI

Karakterisasi batang piston besi tuang nodular dengan ketebalan i-beam 3 milimeter


Oleh : Ivan Karsten Harefa

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Rianti Dewi Sulamet-Ariobimo

Subyek : Mechanical engineering;Automotive industry

Kata Kunci : TWDI, vertical casting, connecting rod, compressive testing tensile method

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STM_061001500083_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STM_061001500083_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TA_STM_061001500083_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2020_TA_STM_061001500083_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STM_061001500083_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STM_061001500083_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STM_061001500083_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STM_061001500083_Daftar-Pustaka.pdf 1
9. 2020_TA_STM_061001500083_Lampiran.pdf

P enggunaan besi tuang nodular kembali marak dengan ditemukannya teknologi TWC (thin wall casting). Penerapan metode thin wall casting dalam ductile iron akan menghasilkan material TWDI (thin wall ductile iron). Pembuatan material thin wall ductile iron membuka peluang untuk bersaing dengan alumunium karena sifat mekanis dan biaya produksinya lebih murah serta proses pembuatannya lebih mudah. Industri otomotif dituntut untuk menghasilkan produk dengan emisi bahan bakar yang rendah dan kendaraan yang hemat bahan bakar. Jika komponen otomotif lebih ringan maka konsumsi bahan bakar juga akan lebih hemat. Pada penelitian ini dilakukan penipisan komponen batang piston Vespa PX150 pada bagian i-beam untuk mengurangi berat komponen. Proses pembuatan yang dilakukan adalah pembuatan desain pengecoran, simulasi desain, dan proses verifikasi. Proses pengecorannya adalah pengecoran vertikal. Penelitian ini adalah bagian dari suatu rangkaian penelitian besar dengan tujuan pembuatan TWDI yang memiliki persyaratan untuk dijadikan ADI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat komponen connecting rod dengan ketebalan i-beam 3 mm untuk mengurangi berat komponen. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian tekan metode tarik dan penjelasannya pada komponen connecting rod.

T he use of nodular cast iron is back to bloom with the discovery of TWC (thin wall casting) technology. The application of the thin wall casting method in ductile iron will produce TWDI (thin wall ductile iron) material. The making of thin wall ductile iron material opens opportunities to compete with aluminum because of its mechanical properties and cheaper productions costs and the manufacturing process is relatively easy. The automotive industry is required to produce with lower emissions and fuel-efficient vehicles. If lightweight automotive components; fuel consumption will also be more efficient. This research was carried out by thinning Vespa PX150 piston rod components on i-beam to reduce component weight. The manufacturing process is making a casting design, simulation design, and verification process. The casting process is vertical casting. This research is part of a series of large studies with the aim of making TWDI which has the requirements to become ADI. The purpose of this research is to make a connecting rod component with an i-beam thickness of 3 mm to reduce component weight. The test carried out is the tensile testing press method and its explanation on the connecting rod component.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?