Analisis pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderating
T ujuan penelitian ini adalah untuk menguji, menganalisis, serta mencari bukti empiris dari pengaruh good corporate governance yang meliputi (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit) terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variable moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian sejumlah 102 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Namun, dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemudian moderasi corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
T he purpose of this study is to test, analyze, and look for empirical evidence of the influence of good corporate governance which includes (institutional ownership, managerial ownership, independent board of commissioners and audit committees) on corporate value with corporate social responsibility as a moderating variable. The sample used in the study was 102 banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2015-2017 period. The sampling technique used was purposive sampling. This study uses a multiple regression analysis method. The analytical tool used for hypothesis testing is SPSS 22. The results of this study indicate that institutional ownership, managerial ownership and audit committees have a positive effect on firm value. However, the independent board of commissioners does not affect the value of the company. Then the moderation of corporate social responsibility does not affect the value of the company.