Pengaruh hubungan pembeli-pemasok terhadap kinerja bisnis melalui inovasi produk
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Hubungan Pembeli-Pemasok sebagai faktor pembentuk Inovasi Produk. Selain itu, penelitian ini juga menguji dan menganalisis pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis pada industri keramik di PT. Muliakeramik Indahraya yang terletak di Cikarang, Bekasi. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan 75 kuesioner pada bagian manajer dan karyawan-karyawan serta pihak yang berhubungan dengan pemasok. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, serta rancangan penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis. Metoda analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) menggunakan software SPSS versi 21. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Hubungan Pembeli-Pemasok terhadap Kinerja Bisnis melalui Inovasi Produk.
T he purpose of this research is to test and analyze Buyer-Supplier Relationship is the forming of Product Innovation. Further more, another purpose of this research is to test and analyze the effect of Product Innovation towards Business Performance on PT. Muliakeramik Indahraya. The data used on this research is obtained by distributing 75 questionnaries on managers and employees. The sampling technique used on this research is purposive sampling technique. The analysis method used on this research is path analysis using SPSS version 21 software. The result of this research shows that there is an influence of Buyer-Supplier Relationship towards Business Performance trough Product Innovation.