Pengaruh green product innovation, green process innovation dan integrated reporting terhadap competitive advantage
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product innovation, green process innovation, dan integrated reporting terhadap competitive advantage. Jenispenelitian ini adalah penelitian kausalitas karena menjelaskan pengaruh antarvariabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keberlanjutan, laporan tahunan, dan laporan keuangan, dengan populasi penelitian yaitu perusahaan sektor material dasar, konsumen cyclical, konsumen noncyclical energi, keuangan, kesehatan, infrastruktur, properti dan real estate, teknologi,serta transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periodetahun 2016 sampai dengan 2020. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu sample poolingdata unabalanced karena setiap perusahaan memiliki jumlah pengamatan yang berbeda dalam periode penelitian. Sampel yang yang memenuhi kriteria sebanyak 214selama periode tahun 2016 sampai dengan 2020. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 22.0 untuk melakukan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa green product innovation tidak berpengaruh terhadap competitive advantage. Sementara itu, green process innovation dan integrated reporting berpengaruh terhadap competitive advantage.
T his study aims to analyze the effect of green product innovation, green processinnovation, and integrated reporting on competitive advantage. This type of researchis causality research because it explains the influence between variables throughhypothesis testing. This study uses secondary data obtained from sustainabilityreports, annual reports, and financial reports, with the research population beingcompanies in the basic materials sector, cyclical consumers, non-cyclical consumersof energy, finance, health, infrastructure, property and real estate, technology, andtransportation and logistics listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for theperiod 2016 to 2020. The sampling method in this study used purposive sampling. Thedata collection method is unabalanced sample pooling data because each companyhas a different number of observations in the research period. There were 214 samplesthat met the criteria during the period from 2016 to 2020. The data analysis methodused in this study was a quantitative data analysis method using the SPSS version 22.0program to process data using multiple regression analysis. The results of this studyindicate that green product innovation has no effect on competitive advantage.Meanwhile, green process innovation and integrated reporting have an effect oncompetitive advantage.