Representasi mitos sustainable pada kemasan kosmetik dalam rangka komodifikasi produk
K Kompetisi antar merek yang tinggi mendorong pemasar untuk semakin kreatif dalam memaksimalkan strategi pemasaran, salah satunya adalah melalui desain kemasan produk. Beberapa produsen kosmetik yang menggunakan strategi komodifikasi pada desain kemasan adalah Innisfree dan Seed Phutonutrient dengan penggunaan konsep kemasan sustainable. Munculnya praktik komodifikasi dalam visualisasi desain kemasan dikaji melalui sistem tanda yang muncul pada kemasan untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya dan memahami tanda-tanda tersebut melalui pemaknaan konotasi dan mitos. Bagaimana konsep sustainable pada tampilan elemen-elemen verbal dan visual pada desain kemasan seperti warna, logo, tipografi, dan gambar/ilustrasi menjadi strategi komodifikasi dengan mentransformasi nilai guna menjadi nilai tukar melalui makna-makna sustainable.Tujuan penelitian adalah memahami material sustainable yang digunakan pada struktur kemasan, mengetahui representasi elemen-elemen desain kemasan dalam mitos sustainable, dan mengidentifikasi material dan elemen desain kemasan yang digunakan sebagai alat komodifikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non partisipan, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan kriteria Sustainable Packaging oleh SPC’s untuk mengidentifikasi standar kemasan sustainable yang digunakan produk kosmetik. Teori Roland Bathes digunakan untuk mendapatkan mitos sustainable dan teori komodifikasi sebagai upaya dalam menjawab rumusan tanda yang digunakan sebagai strategi komodifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya praktik komodifikasi, dimana komodifikasi terbentuk dari perbedaan material dan narasi pada elemen kemasan yang digunakan. Konsep desain kemasan sustainable dapat terkonstruksikan apabila material dan elemen visual dapat merepresentasikan sustainable produk secara holistik.
H High competition between brands encourages marketers to be more creative in maximizing marketing strategies, one of which is through product packaging design. Several cosmetic manufacturers that use a commodification strategy in packaging design are Innisfree and Seed Phutonutrient with the use of a sustainable packaging concept. The emergence of commodification practices in packaging design visualization is studied through the sign system that appears on the packaging to understand the meaning contained therein and understand these signs through the meaning of connotations and myths. How does the concept of sustainability in the display of verbal and visual elements in packaging design such as colors, logos, typography, and images/illustrations become a commodification strategy by transforming use value into exchange value through sustainable meanings. The aim of the research is to understand sustainable materials used in packaging structures, determine the representation of packaging design elements in sustainable myths, and identify materials and packaging design elements used as commodification tools. This research is a type of descriptive qualitative research with a case study method. Data collection was carried out using non-participant observation techniques, documentation and literature study. Data analysis uses SPC\'s Sustainable Packaging criteria to identify sustainable packaging standards used by cosmetic products. Roland Bathes\' theory is used to obtain the sustainable myth and commodification theory as an effort to answer the sign formulation used as a commodification strategy. The results of this research indicate the existence of commodification practices, where commodification is formed from differences in materials and narratives in the packaging elements used. The concept of sustainable packaging design can be constructed if the materials and visual elements can represent a sustainable product holistically.