Kajian bahasa visual dalam perwajahan majalah Femina
T Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1). Mengetahui elemen-elemen visual yan berperan dalam melatarbelakangi pembentukan bahasa visual perwajahan majalah Femina dan relasi antar elemen-elemen visual tersebut dalam membentuk satu kesatuan struktur. 2). Mengetahui kategori dan sosok wanita Indonesia yang direpresentasikan dalam ruang dan waktu tertentu melalui jenis tipografi, warna, dan gambar berupa foto model yang terdapat pada sampul muka majalah Femina. 3). Mengetahui ideologi dan pemikiran yang melatarbelakangi visualisasi perwajahan majalah Femina. Kajian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis wacana dalam bingkai penelitian kebudayaan. Data sampul muka majalah Femina dikelompokkan dalam periodisasi waktu dari awal kelahirannya tahun 1972 (periode 1970-an), periode 1980-an, periode 1990-an, periode 2000-an, sampai dengan tahun 2009 (periode sesudah refame tahun 2003), dan dianalisa secara diakronik melalui dua tahapan kajian, yaitu tahap deskripsi struktur visual dan tahap analisis wacana. Proses penelitian ini mengungkapkan hal-hal yang ada di balik unsur-unsur visual sampul muka majalah yang mempengaruhi perwajahan, wacana menjadi konteks sosial yang menterjemahkan kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya Indonesia dan pengaruhnya terhadap sampul muka majalah femina, khususnya pencitraan wanita sebagai model pada sampul muka. Konteks ini mempengaruhi watak feminitas dan kecantikan wanita yang diidealisasikan serta membentuk citra wanita yang direpresentasikan pada sampul muka majalah Femina pada periode waktu tertentu. Citra estetis wanita Indonesia mengalami perubahan dari zaman ke zaman, sedangkan ideologi yang mempengaruhi pemikiran wanita Indonesia tidak mengalami perubahan. Dengan demikian perwajahan majalah Femina sebagai majalah gaya hidup wanita tidak hanya merupakan hasil olahan elemen-elemen visual secara estetis melainkan membawa pesan lain berupa makna ideologis yang lebih mendalam.